Wednesday, April 1, 2015

Tips Mengatasi Morning Sicness Saat Hamil

Mual atau muntah saat usia kehamilan pertama adalah hal yang wajar dialami ibu hamil. Karena pada saat itu terjadi perubahan hormon kehamilan, seperti : meningkatnya hormon estrogen, progesteron, dan lain sebagainya. Masa terjadinya morning sicknes umumnya pada tiga bulan pertama, namun ada juga yang mengalaminya sampai trimester ketiga.
Mual dan muntah saat hamil harus diatasi dengan benar, karena dapat menyebabkan dehidrasi yang mengancam keselamatan ibu dan janin. Mual dan muntah berlebihan disebut hiperemesis gravidarum yang dapat mengakibatkan kekurangan cairan tubuh, lemah, gangguan elektrolit, dan mengganggu aktivitas harian lainnya. Jika hal itu terjadi, maka upaya medis harus segera dilakukan agar tidak terjadi masalah yang lebih serius.
Mual dan muntah pada ibu hamil memang wajar, namun jika dibiarkan justru dapat mempengaruhi perkembangan dan pertumbuhan janin. Untuk itu, simak tips mengatasi morning sickness berikut ini :

Jaga pola makan

Meskipun mual dan muntah dapat menurunkan selera makan, namun demi kesehatan diri dan janin, ibu harus mengupayakannya. Makanlah dalam porsi sedikit tapi sering agar mual dan muntah bisa diminimalisir.

Perhatikan asupan gizi

Agar janin sehat dan tumbuh dengan optimal, ibu harus memperhatikan asupan gizi yang dikonsumsi. Jangan hanya sekedar kenyang saja, tapi pilihlah makanan yang bernutrisi.

Konsumsi cemilan sehat

Adakalanya mual dan muntah membuat ibu hamil malas mengonsumsi makanan berat, untuk menyiasatinya sediakan cemilan sehat agar perut ibu tidak kosong. Kondisi perut kosong memicu asam lambung naik dan menyebabkan mual dan muntah.

Penuhi kebutuhan cairan

Cairan sangat penting bagi kita semua, terutama bagi ibu hamil yang mengalami mual dan muntah. Karena cairan dapat menghindarkan ibu dari resiko dehidrasi.

Konsumsi makanan berserat tinggi

Saat hamil biasanya ibu hamil akan mengalami sembelit, karena itu usahakan mengonsumsi makanan kaya serat. Selain itu makanan berserat juga lebih mengenyangkan ibu hamil.

Minimalkan stres

Stres dapat memperburuk kondisi ibu hamil, karena itu hindari aktivitas yang membuat stress meningkat. Tenangkan diri dnegan kegiatan yang menyenangkan, misalnya nonton film kesayangan, membaca, spa, belanja, dan lain sebagainya.
Semoga tips diatas dpaat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua. Dan yang pasti dapat membuat Anda enjoy menjalani kehamilan. Salam sehat!

Loading...

Baca Juga

Tips Mengatasi Morning Sicness Saat Hamil
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar