Wednesday, September 16, 2015

Ingin Terhindar dari Kebotakan? Hindari 8 Kebiasaan Ini

Rambut indah dan lebat membuat penampilan  semakin sempurna. Sayangnya karena beberapa sebab, rambut menjadi mudah rontok dan membuat seseorang mengalami kebotakan. Kebotakan bisa menimpa siapa saja tanpa pandang usia, hal itu tentu membuat wanita maupun pria merasa tidak percaya diri. Banyak hal yang menjadi pemicu rambut rontok dan kebotakan, diantaranya : genetik, usia, penyakit tertentu, kurang merawat rambut, penggunaan produk pemanas berlebihan, dan lain sebagainya. Untuk mencegah kebotakan, perawatan rambut saja tidak cukup, karena ada beberapa kebiasaan yang harus Anda hindari agar rambut bebas dari kebotakan. 
Botak/duniafitnes.com
Hem, kira-kira apa sajakah kebiasaan yang bisa memperburuk kondisi rambut Anda? Untuk lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini : 

1.     Penggunaan bahan kimia pada rambut

Bahan kimia dapat memperburuk kondisi rambut Anda dan memicu kebotakan permanen. Diantara bahan kimia tersebut, antara lain : shampoo, pewarna rambut, pemanas rambut, hairstyling, bahan pengeriting dan pelurus rambut, dan lain sebagainya. 

2.    Menyisir rambut saat basah

Kebiasaan menyisir rambut saat basah membuat rambut menjadi rapuh dan mudah rontok atau patah. Jika kebiasaan tersebut dilakukan secara terus menerus, bukan tidak mungkin jika kebotakan siap mengancam penampilan Anda.

3.    Stress

Stress tidak hanya mengancam kesehatan, tapi juga meningkatkan produksi hormon, terutama testosteron dan dehidro testosteron. Kedua hormon tersebut dapat meresap ke dalam helai rambut sehingga menyebabkan penipisan. Dalam jangka panjang, rambut akan menjadi rusak, rontok dan botak permanen. 

4.    Mer*kok

Mer*kok tidak hanya mengganggu kesehatan tubuh, tapi juga memicu kerontokan dan kebotakan rambut. Zat dalam r**kok menyebabkan gangguan sirkulasi darah pada tubuh dan berakibat mengganggu folikel rambut. 

5.    Diet yang salah

Diet yang salah tidak hanya merugikan kesehatan, tapi juga merusak keindahan rambut. Seperti halnya tubuh, rambut juga membutuhkan nutrisi  untuk bisa tumbuh subur. Diet yang salah dapat menyebabkan kekurangan nutrisi yang akhirnya membuat rambut rontok dan mudah mengalami kebotakan.

6.    Mengikat rambut

Mengikat rambut tidaklah masalah, tapi jika terlalu kencang tentu dapat merusak rambut. Ikatan yang terlalu kencang memberikan tekanan pada folikel rambut  sehingga menyebabkan kerusakan permanen yang bisa berakibat pada rambut rontok dan kebotakan.

7.    Suka Makanan manis

Makanan manis berlebihan tidak hanya buruk untuk kesehatan tubuh, tapi juga kesehatan rambut. Konsumsi makanan manis membuat gula darah naik yang membuat tubuh harus memompa insulin. Kondisi tersebut membuat kadar androgen meningkat, dimana hal tersebut membuat hormone yang memproduksi folikel rambut berkurang.

8.    Konsumsi Ikan yang mengandung mercuri

Ikan kaya akan nutrisi penting, namun ikan yang mengandung mercuri harus dibatasi/dihindari karena dapat memicu kerontokan rambut.
Agar rambut Anda sehat dan indah, pastikan Anda rutin merawat kesehatan rambut dan menghindari beberapa kebiasaan yang memicu kerontokan rambut diatas. Semoga bermanfaat.

Loading...

Baca Juga

Ingin Terhindar dari Kebotakan? Hindari 8 Kebiasaan Ini
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar