Sunday, September 13, 2015

Waspadai 8 Gangguan Kesehatan Akibat Sistem Peredaran Darah

Sistem peredaran darah termasuk bagian terpenting karena berfungsi mengangkut makanan dan zat sisa dari hasil metabolism tubuh. Sistem peredarah darah manusia sendiri, terdiri atas : jantung, pembuluh darah dan darah itu sendiri. Menjaga sistem peredaran darah agar lancar tidak hanya membuat tubuh lebih sehat, tapi juga menghindarkan dari risiko penyakit berbahaya. Sayangnya pola makan dan gaya hidup tidak sehat merusak rencana Anda sehingga muncul berbagai gangguan pada pembuluh darah. 
Peredaran darah/artikelbagus.com

Hem, kira-kira apa sajakah gangguan kesehatan akibat sistem peredarah darah yang tidak lancar? Simak informasinya berikut ini : 

1.    Hipertensi

Hipertensi merupakan suatu kondisi dimana tekanan darah systole dan diastole berada diatas normal. Selain factor keturunan, tekanan darah tinggi disebabkan oleh beberapa factor, antara lain : mer*kok, obesitas, asupan garam, kelainan hormone, penyakit ginjal, dan lain-lain. Hipertensi menyebabkan jantung harus bekerja ekstra keras, membebani arteri sehingga berisiko pecah. Jika yang pecah adalah arteri menuju otak, maka penyakit stroke siap menimpa Anda.

2.    Hipotensi

Hipotensi atau tekanan darah rendah, merupakan suatu kondisi dimana tekanan systole dan diastole berada di bawah ukuran normal. 

3.    Sklerosis

Sklerosis merupakan satu kondisi dimana terjadi pengapuran atau pengerasan pada pembuluh darah arteri akibat endapan lemak atau kalsium. Kondisi ini sering terjadi pada seseorang yang memiliki berat badan berlebih/obesitas dan lansia. 

4.    Gangguan jantung

Gangguan jantung biasa terjadi karena berbagai hal, salah satunya gangguan peredaran darah coroner yang menyebabkan terganggunya aliran darah ke jantung, misalnya : tersumbat atau tidak lancar. Jantung kurang mendapatkan pasokan oksigen dan nutrisi tentu dapat berakibat pada kerusakan jantung hingga kematian. 

5.    Leukimia

Leukimia atau kanker darah merupakan satu kondisi dimana terjadi kelebihan produksi leukosit sehingga imunitas tubuh menurun. 

6.    Polisetemia

Polisetemia merupakan suatu kondisi kelebihan produksi eritrosit pada tubuh sehingga darah menjadi kental dan menggumpal. Kondisi tersebut tentu dapat memperlambat aliran darah pada pembuluh darah.

7.    Varises

Varises merupakan satu kondisi pelebaran pada pembuluh vena pada bagian bawah tubuh (mis, kaki) sehingga sirkulasi darah menjadi tidak lancar. Akibat pelebaran tersebut, pembuluh vena terlihat lebih menonjol dan berkelok-kelok. Selain merusak penampilan, varises juga menimbulkan gejala yang tidak nyaman, diantaranya : nyeri, pegal-pegal dan mudah lelah.

8.    Hemofilia

Kondisi yang ditandai dengan perdarahan yang sulit membeku. Penyakit ini terjadi karena factor genetic.
Selain yang disebutkan diatas, masih banyak Gangguan Kesehatan Akibat Sistem Peredaran Darah. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...

Baca Juga

Waspadai 8 Gangguan Kesehatan Akibat Sistem Peredaran Darah
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar