Monday, October 26, 2015

Penyebab Luka Diabetes Membusuk Hingga Diamputasi

Gangrene merupakan salah satu komplikasi diabetes yang cukup menakutkan, karena bisa mengantarkan penderita diabetes pada vonis “amputasi”. Salah satu lokasi luka yang cukup ditakuti oleh penderita diabetes adalah kaki, karena selain sangat susah disembuhkan juga banyak kejadian yang mengharuskan seseorang diamputasi. Mungkin tak banyak yang tahu, bagaimana bisa timbul luka tersebut? Nah, agar lebih jelasnya, simak terus artikel yang berjudul Penyebab Luka Diabetes Membusuk Hingga Diamputasi ini ya.
Sebelum muncul luka, umumnya penderita akan merasakan kesemutan dan mati rasa pada bagian kaki yang tiba-tiba berubah warna agak menghitam, kemudian muncullah luka yang awalnya terlihat kecil. Namun jangan remehkan luka kecil tersebut, karena kadar gula darah yang tinggi membuat bakteri mudah berkembang biak hingga menyebabkan luka terus membengkak dan membusuk. Selain itu, kondisi luka akan semakin memburuk  dan tidak kunjung sembuh akibat gangguan metabolism tubuh yang mengakibatkan kurangnya aliran darah  dan oksigen ke kaki yang akhirnya membuat jaringan syaraf rusak atau mati.
Luka diabetes pada Kaki/diabetesmelitus.org

Tanda-tanda luka gangrene

Gangrene merupakan satu kondisi dimana luka menghitam akibat rusaknya jaringan dan berbau busuk akibat bakteri. Sebenarnya gangrene merupakan salah satu gejala turunan diabetes yang biasa disebut PAD (peripheral arterial disease) atau penyakit pembuluh darah tepi. Sebutan lain bagi penderita diabetes yang kakinya mengalami PAD adalah kaki diabetic. (Cara Sederhana Agar rumah Bebas dari Gangguan Kecoak)

Kenapa luka Diabetes Sulit sembuh

Kondisi ini terjadi akibat tersumbatnya pembuluh darah yang akhirnya menyebabkan aliran darah pada kaki menurun dan kadar oksigen dalam darah juga berkurang.  Dalam kondisi tersebut, otomatis luka pada kaki penderita diabetes akan sulit disembuhkan bahkan bisa meluas dan membusuk. Selain itu, kondisi luka akan semakin parah akibat bakteri yang menyebar dalam system peredaran darah dan merusak jaringan dalam tubuh. (6 Kebiasaan yang membahayakan Paru-Paru)

Mengapa luka diabetes harus diamputasi?

Jika luka sudah menghitam dan mengeras akibat banyaknya jaringan yang mati, otomatis tindakan amputasi harus dilakukan karena jika dibiarkan justru dapat membahayakan penderita, misalnya : luka akan meluas ke organ tubuh lainnya dan menjadi tempat bersarangnya bakteri yang memperburuk kondisi luka. (Waspadai 6 Tanda Sakit Kepala Mulai Berbahaya)

Tips Menghindari Komplikasi Gangrene

Gangrene pada penderita diabetes bisa dihindari dengan mudah, dengan cara berikut ini :
-    Control kadar gula darah, pastikan kadar gula darah dalam kondisi normal agar tidak memicu komplikasi, salah satunya gangrene.
-    Perlakukan kaki seperti wajah, artinya : jaga kelembapannya agar tidak mudah kering/pecah-pecah, segera obati luka sekecil apapun. (Cegah dan Kendalikan Diabetes dengan 9 Makanan Sehat Ini)
-    Jaga kebersihan kaki, pastikan merawat seluruh bagian kaki hingga lipatan atau sela kaki agar terhindar dari jamur yang memicu luka/infeksi.
-    Periksakan diri ke dokter jika terjadi hal yang mencurigakan, misalnya : kaki bengkak, bernanah, melepuh, atau perubahan lainnya.
-    Beralih pada gaya hidup dan pola makan yang lebih sehat, karena dengan cara ini penderita diabetes bisa tetap sehat dan bebas beraktivitas.
Semoga artikelyang berjudul Penyebab Luka Diabetes Membusuk Hingga Diamputasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua. (9 Cara Menghindari Komplikasi Diabetes)

sumber : alodokter, cintaputihzahraa, konsultasi pribadi

Loading...

Baca Juga

Penyebab Luka Diabetes Membusuk Hingga Diamputasi
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

2 comments

October 1, 2016 at 3:05 AM delete

tak perlu amputasi lagi... saya jamin. konsultasi hub saya 085361675232

Reply
avatar
March 8, 2017 at 2:07 AM delete

fuji sukur kepada allah swt yg telah menyembuhkan penyakit saya yg selama ini saya alamai selama 2 tahun tr akhir ini, sudah saya brobatdi beberapa rumah sakit yang ada di daerah saya tinggal tapi tidak membuah kan hasil dan saya juga sudah brobat ke beberapa dokter praktek di sini juga hasil nya belum maksimal, tapi setelah saya buka internet dan ingin engetahui seberapa bahaya nya bila penyakit saya ini tak kunjung sembuh dan sebab saya sulit untuk sembuh.. akhir nya saya lihat no pak yusuf di sini dan saya cob hub beliau demi mendapat kesembuhn saya, tapi saya tr kejut kalau pak yusuf itu tinggal di aceh , tapi saya iklahs saja dan saya ikuti semua saran dari beliau, dan baru beberapa minggu saya kosumsi obat yg beliau kirim tubuh saya meresponnya dng baik dan sedikit enakan di badan, dan setelah beberapa minggu saya sudah sembuh dan saya sangat br sukur atas kesembuhan saya yg di berikan allah melalui pak yusuf hanya dalam tempo beberapa minggu tepat nya 6 minggu. bagi saudara yang msih mencari kesembuhan da pengobatan buat penyakit sudara coba brobat ke pak yusuf ini, karna saya sudah sembuh saya yakin untuk merekomendasi kan no pak yusuf agar saudara ku sekalian juga bisa sembuh sprti saya sekarang ini.ini no pak yusuf 085361675232 wa nya 085361675232. semoga saudara bisa sembuh juga sperti saya ni amin.....

Reply
avatar