Saturday, November 7, 2015

Cara Mudah dan Aman Mengatasi Biang Keringat

Musim kemarau panjang dan cuaca yang sangat panas seringkali menimbulkan masalah, salah satunya : munculnya biang keringat. Biang keringat termasuk satu masalah kulit yang ditandai dengan munculnya bintil-bintil kemerahan dan gatal yang mengganggu kenyamanan Anda. Kondisi tersebut terjadi akibat tersumbatnya pori-pori kulit sehingga menyebabkan keringat terjebak di bawah kulit dan terjadilah peradangan yang diawali dengan ruam, bintil-bintil berair berwarna kemerahan dan gatal. Biang keringat yang dalam istilah medis disebut Miliaria ini bisa menyerang siapa saja, baik bayi, balita maupun orang dewasa. Rasa tidak nyaman, seperti gatal, perih, dan panas seringkali membuat bayi rewel dan tidak nyaman.
Meskipun biang keringat bisa sembuh dengan sendirinya, namun jika tidak diatasi dengan baik dapat menjadi masalah serius dan membutuhkan perawatan medis. Hem, kira-kira apa yang harus dilakukan untuk mengatasi masalah biang keringat? Untuk lebih jelasnya, simak Cara Mudah dan Aman Mengatasi Biang Keringat berikut ini :
Biang keringat

Gunakan pakaian yang berbahan dingin

Memilih pakaian dapat membantu mengurangi derita biang keringat. Pilih pakaian yang berbahan dingin dan menyerap keringat, seperti katun, kaus dan lain sebagainya. Dengan mengenaakan pakaian yang nyaman,otomatis dapat mengurangi rasa gatal dan tidak nyaman pada kulit.

Potong kuku

Sensasi gatal yang disebabkan biang keringat seringkali membuat kita ingin menggaruknya. Stop lakukan kebiasaan ini,karena dapat memperburuk kondisi Anda dan kotoran pada kuku bisa menginfeksi kulit.
Bubuhkan bedak atau lotion khusus biang keringat
Banyak produk bedak dingin khusus yang banyak tersedia di apotik. Oleskan pada kulit yang muncul biang keringat,yakni : leher,  punggung, dada dan bahu.

Oleskan tepung kanji

Tepung kanji memiliki sifat dingin sehingga membantu mencegah rasa gatal dan tidak nyaman pada kulit. Caranya cukup taburkan secara merata pada kulit yang terdapat biang keringat.

Oleskan Tepung jagung

Seperti halnya tepung kanji, tepung jagung juga berkhasiat menyejukkan kulit dan meredakan gatal akibat biang keirngat. Caranya dengan menambahkan sedikit air dan mengoleskannya secara merata pada kulit.

Ciptakan ruangan yang sejuk

Biang keringat akan sembuh dengan sendirinya jika Anda bisa menciptakan suasana yang sejuk, misalnya di ruangan ber AC.

Periksakan ke dokter

Jika dengan perawatan diatas, biang keringat tak juga membaik atau bertambah parah, misalnya : bengkak,bernanah, sakit, dan menimbulkan demam dan gejala lainnya, maka segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis.
Meskipun bukan penyakit serius,namun jangan pernah remehkaan biang keringat ya. Sebisa mungkin segera atasi agar tidak mengganggu kenyamanan Anda sekeluarga. Semoga informasi yang berjudul Cara Mudah dan Aman Mengatasi Biang Keringat dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...

Baca Juga

Cara Mudah dan Aman Mengatasi Biang Keringat
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar