Monday, April 18, 2016

Jangan Sepelekan Kotoran Mata, Ini Bahayanya!

IntipsLagi - Keluar kotoran mata setelah bangun tidur bisa dikatakan wajar, karena kondisi tersebut merupakan proses akhir pembersihan yang dilakukan oleh mata. Akan tetapi, bagaimana jika kotoran mata sering keluar saat Anda tidak baru bangun dari tidur? Kondisi ini tidak boleh disepelekan, karena bisa jadi merupakan indikasi ada yang tidak beres dengan kesehatan mata Anda. Jika terjadi demikian, hindari mengucek mata berlebihan karena kotoran mata berpotensi menimbulkan peradangan yang berbahaya. Hem, kira-kira, apa yang menjadi penyebab keluarnya kotoran mata meski tidak bangun tidur tersebut?

Jangan Sepelekan Kotoran Mata
Ternyata ada dua kemungkinan penyebab keluarnya kotoran saat tidak bangun tidur, yang pertama bisa dilihat dari jenis kotorannya. Apabila kotoran mata tidak lengket dan tidak disertai mata merah, maka kemungkinan disebabkan karena iritasi biasa. Kondisi ini seringkali dialami oleh orang yang bekerja di luar ruangan atau didalam ruangan yang Ber-AC. Untuk mengatasi kondisi ini, Anda bisa meneteskan obat mata untuk menjaga kelembapan mata yang kering akibat paparan AC dan juga matahari.
Kemungkinan kedua adalah jika kotoran pada mata berwarna kehijauan, kuning keruh dan mata kemerahan, maka Anda  sedang mengalami peradangan yang disebabkan oleh bakteri. Kondisi ini biasa disebabkan kebiasaan buruk mengucek mata dengan jari telanjang yang tidak terjaga kebersihannya. Untuk itu, pastikan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum membersihkan atau menyeka mata.

Bahaya membersihkan mata dengan tangan kotor

Jika mengalami kondisi yang kedua, pastikan segera memeriksakan diri ke dokter. Hindari kebiasaan buruk mengucek mata, apalagi dengan tangan telanjang yang tidak bersih. Mengucek mata dengan tangan kotor dapat berisiko menyebabkan Glaukoma, yang merupakan penyakit mata yang dapat mengurangi daya lihat hingga berujung pada kebutaan.

Penyebab Kotoran Mata Berlebihan

Memiliki kotoran mata berlebihan tidak hanya mengganggu kenyamanan, tapi juga merusak rasa percaya diri. Coba tanyakan, adakah orang yang tidak merasa jijik saat melihat seseorang yang matanya kotor? Kesan kotor dan jorok akan melekat pada seseorang yang matanya belekan atau sering keluar kotoran. Agar terhindar dari kotoran mata yang berlebihan, pastikan Anda menghindari beberapa penyebabnya, berikut ini :
1.    Paparan asap kendaraan
2.    Polusi udara
3.    Mata kemasukan serangga
4.    Paparan debu
5.    Terkena serbuk/remahan makanan
6.    Konsumsi makanan berminyak atau berlemak
7.    Sering mengucek mata
8.    Paparan uap zat kimia
Apabila mata sering belekan atau mengeluarkan kotoran, jangan sepelekan ya! Apalagi jika belekan yang tidak wajar.  Semoga informasi yang berjudul “Jangan Sepelekan Kotoran Mata, Ini Bahayanya!” Diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...

Baca Juga

Jangan Sepelekan Kotoran Mata, Ini Bahayanya!
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar