Saturday, April 9, 2016

Tips Agar Cepat Pulih Pasca Operasi Caesar

IntipsLagi - Bukan rahasia lagi jika proses pemulihan pasca Caesar lebih lambat dibandingkan persalinan normal. Oleh karena itu, Tips Agar Cepat Pulih Pasca Operasi Caesar sangat wajib dipelajari agar mereka bisa beraktivitas selayaknya ibu yang melahirkan secara normal. Umumnya, setelah menjalani persalinan Caesar,  Anda harus menjalani observasi selama 12 jam guna mengetahui kondisi kesehatan Anda pasca Caesar.  Selama 12 jam tersebut, petugas medis akan terus memantau kondisi Anda, misalnya : memberikan suntikan pada selang infus, mengecek tekanan darah, suhu tubuh, jumlah urine, meminta untuk mulai menggerakkan anggota badan (miring, menekuk kaki, dan lainnya), bertanya apakah sudah kentut atau belum, dan lain sebagainya. Apabila tidak ada masalah, umumnya  Anda akan segera dipindahkan kedalam kamar perawatan dan bertemu dengan anggota keluarga, termasuk buah hati Anda.
Setelah masuk ke ruang perawatan, bukan berarti ibu sudah bisa melakukan aktivitas, karena bekas luka jahitan pasti masih terasa nyeri jika dipaksakan beraktivitas. Nah, agar ibu segera pulih pasca persalinan Caesar, sebaiknya simak Tips Agar Cepat Pulih Pasca Operasi Caesar, berikut ini :

1.    Bedrest

Sehari hingga dua hari pasca operasi caesar, umumnya kondisi Anda masih lemah, sehingga disarankan untuk bedrest. Selain itu, saat itu umumnya perawat belum melepaskan selang infus maupun karteter urin hingga kondisi Anda benar-benar sudah pulih. Meski begitu, Anda tidak boleh bermalas-malasan ya! Segera gerak-gerakkan tubuh agar luka jahitan tidak terasa kaku.
Pada hari ketiga, infus dan selang karteter biasanya mulai dilepas. Saat itu, Anda bisa mulai menjalankan aktivitas ringan, misalnya : turun dari ranjang, duduk, jalan-jalan, hingga menyusui bayi.

2.    Penuhi kebutuhan cairan

Selain asupan makanan, cairan termasuk hal yang wajib dipenuhi, karena membantu mempercepat masa pemulihan dan pastinya memdukung produksi ASI sehingga ibu siap menyusui sang buah hati. Pada masa pemulihan, umumnya dokter akan merekomendasikan makanan yang bertekstur lembut karena sangat bermanfaat untuk kesehatan pencernaan Anda dan mengurangi resiko sembelit.

3.    Segera menyusui bayi

Setelah dua atau tiga hari, kondisi Anda pasti sudah mulai pulih. Segera lakukan proses menyusui, karena bisa membantu mempercepat pemulihan pasca Caesar. Melihat sang buah hati, dijamin rasa sakit yang Anda rasakan akan sirna dan berganti keinginan untuk bisa segera merawat dan membelainya sepanjang waktu.

4.    Rawat luka Caesar dengan baik

Meski tertutup plester anti air, bukan berarti Anda bisa mengabaikannya. Untuk mempercepat proses penyembuhan luka, pastikan selalu memantau kondisi luka, misalnya : mengganti plester anti air untuk menjaga agar luka tetap kering dan bersih. Jangan lupa berikan cream anti keloid sesuai rekomendasi dokter ya. Selain itu, jaga kebersihan badan dan area jahitan agar terhindar dari infeksi.
Dengan menerapkan Tips Agar Cepat Pulih Pasca Operasi Caesar diatas, diharapkan kondisi ibu segera sehat dan bisa segera merawat buah hati tercinta.

Baca Artikel keren lainnya
Lindungi Kesehatan Tubuhmu dengan Makanan Berwarna Gelap Ini
7 Penyakit Pada Lidah Yang Patut Diwaspadai
12 Makanan yang mempercepat Penuaan Dini
Tujuh Cara Melemahkan Sel-sel Kanker dalam Tubuh
Cara Mudah Kurangi Lemak pada Dagu Berlipat
Kenali Penyebab dan Bahaya Penyakit Jantung Bocor

Loading...

Baca Juga

Tips Agar Cepat Pulih Pasca Operasi Caesar
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar