Friday, May 6, 2016

Enam Menu Sehat yang Wajib Dikonsumsi Saat Buka Puasa

IntipsLagi - Setelah seharian menahan lapar dan dahaga, pastilah kita semua begitu menantikan momen berbuka puasa.  Pada moment buka puasa yang penuh keberkahan ini, kita wajib selektif memilih makanan. Sayangnya, kebanyakan dari kita sering merasa “Lapar mata”saat melihat makanan sehingga hampir semuanya ingin dibeli. Godaan saat lapar memang hal yang wajar terjadi, akan tetapi Anda juga wajib mengendalikan diri dan hawa nafsu. Pastikan memperhatikan apa saja makanan dan minuman yang akan dikonsumsi saat buka puasa, karena salah memilih makanan dapat berpotensi mengganggu sistem pencernaan, misalnya : perut kembung, mules, hingga diare.
Menperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi selama berbuka sangat penting untuk menghindari risiko penyakit. Nah, agar tidak salah pilih, pastikan perhatikan enam Menu Buka Puasa yang Wajib Dikonsumsi, berikut ini :

Air Putih

Air putih termasuk satu minuman yang wajib dikonsumsi saat berbuka, karena 10% suplai air dalam tubuh kita akan menurun akibat puasa. Jika dibiarkan, maka akan berisiko mengalami dehidrasi. Dengan mengonsusi air putih, tubuh akan terhidrasi dengan baik dan pastinya oksigen dalam tubuh menjadi normal.

Kurma

Dalam sebuah hadits, disebutkan bahwa Rasulullah berbuka dengan beberapa buah kurma. Hal ini sangat bermanfaat, karena ternyata selama kita puasa, maka liver tidak mendapatkan suplai makanan dari perut dan tidak dapat mengirimkannya ke seluruh sel-sel tubuh. Nah, dnegan berbuka buah kurma yang manis, maka liver dengan cepat akan menyerap, memproses, dan mengirimkan zat yang dihasilkannya ke seluruh tubuh dan otak.

Buah kaya air

Makanan lain yang bsia menjadi alternative utama saat buka puasa adalah buah-buahan berair, misalnya : melon, timun suri, semangka, dan lainnya. Buah kaya air tidak hanya menyegarkan tubuh lebih cepat, tapi juga kaya nutrisi yang bagus untuk tubuh. Meski begitu, saat buka puasa, Anda harus menghindari buah-buahan adam, karena dikhawatirkan dapat mengganggu lambung.

Sup

Sup sayuran menjadi alternative makanan yang pas untuk berbuka puasa. Kandungan nutrisi dalam sayuran dapat menyegarkan tubuh lebih cepat dan pastinya menggantikan asupan nutrisi yang hilang selama puasa.

Kentang

Makanan berkarbohidrat sangat penting juga saat berbuka puasa. Meski begitu, kita harus bijak memilih karbohidrat saat puasa. Jangan sampai memilih karbohidrat yang memicu kadar gula darah meninggi ya. Pilih kentang, karena mengandung Vitamin C, betakaroten, potassium dan nutrisi penting lainnya yang dapat meningkatkan energy dan pastinya rendah kalori sehingga aman.

Telur

Telur mengandung protein dan asam amino yang penting untuk tubuhmu selama menjalankan ibadah puasa. Konsumsi telur rebus atau olahan lainnya untuk mendapatkan manfaat yang optimal dari telur.
Pemilihan menu yang tepat saat berbuka puasa akan membuat energymu cepat kembali dan pastinya membuat sistem pencernaanmu lebih terjaga. Semoga informasi yang berjudul Enam Menu Buka Puasa yang Wajib Dikonsumsi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya
Tujuh Makanan Ini Tingkatkan Kecerdasan Anak
Lima Bahan Alami Pengganti Obat Penghilang Rasa Sakit
Waspadai Pembengkakan kelenjar getah bening dan Cara Mengatasinya
Lindungi Kesehatan Tubuhmu dengan Makanan Berwarna Gelap Ini
7 Penyakit Pada Lidah Yang Patut Diwaspadai

Loading...

Baca Juga

Enam Menu Sehat yang Wajib Dikonsumsi Saat Buka Puasa
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar