Sunday, June 12, 2016

Jangan buang Biji labu kuning! Ini Sepuluh Manfaatnya Untuk Kesehatan

Labu kuning termasuk satu buah yang populer di bulan ramadhan. Labu kuning bias digunakan sebagai sayur, kolak, pudding, cake, kue, kripik, dan aneka cemilan sehat lainnya. Kebanyakan orang hanya memanfaatkan daging buah labu dan langsung membuang bijinya. Padahal bukan hanya dgaingnya yang kaya manfaat, karena bijinya justru mengandung segudang manfaat untuk kesehatan tubuh. Biji labu kuning mengandung nutrisi yang lengkap, dari mulai protein, asam lemak, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, kalsium, zink, zat besi, fenil, kalium, serat, fosfor, dan lainnya.
Jika Anda sering mengolah Labu kuning, pastikan jangan buang bijinya ya! Agar lebih jelasnya, kita bagikan sepuluh manfaat sehat yang bisa Anda dapatkan dari mengonsumsi biji labu kuning, berikut ini :

1.    Melindungi Kesehatan jantung

Dalam biji labu kuning terdapat kandungan magnesium tinggi yang bermanfaat melindungi kesehatan jantung Anda. Magnesium sangat bagus untuk menjaga tekanan darah dan irama jantung  tetap stabil serta membuat Anda lebih rileks.

2.    Menjaga kecantikan kulit

Biji labu kuning sangat kaya vitamin E yang sangat bermanfaat menjaga kesehatan dan kecantikan kulit.

3.    Menjaga kesehatan tulang

Biji labu kuning mengandung fosfor yang sangat dibutuhkan tulang, jadi Anda akan terhindar dari risiko tulang keropos.

4.    Melancarkan buang air kencing

Anda merasa kurang lancar saat buang air kencing? Jika ya, cobalah konsumsi biji labu kuning karena mengandung asam lemak dan sterol yang membantu meningkatkan fungsi ureter.

5.    Menjaga kadar gula darah

Biji labu kuning memberi manfaat sebagai penyeimbang produksi insulin dalam tubuh sehingga kadar gula darah akan lebih seimbang. Hal ini sangat cocok untuk mencegah dan mengobati diabetes.

6.    Membuat tidur lebih nyenyak

Anda mengalami masalah gangguan tidur? Konsumsi biji labu kuning, karena mengandung triptofan, yang merupakan asam amino penghasil hormone serotonin yang membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

7.    Menjaga kesehatan organ reproduksi pria/wanita

Dalam labu kuning terdapat kandungan zink dan asam lemak esensial yang bermanfaat menjaga kesehatan organ reproduksi pria dan wanita, seperti : meningkatkan kesuburan dan menjaga kesehatan prostat.

8.    Menjaga kesehatan ginjal

Diatas sudah disebutkan jika biji labu kuning mengandung asam lemak dan sterol yang membantu meningkatkan fungsi ureter. Ternyata hal itu juga sangat bermanfaat untuk melindungi kesehatan ginjal.

9.    Meredakan nyeri

Biji labu kuning memiliki sifat anti inflamasi sehingga ampuh membantu meredakan nyeri, seperti : nyeri kepala, dan lainnya.

10.    Menurunkan kadar kolesterol jahat

Biji labu kuning mengandung fitosterol yang bermanfaat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah sehingga meminimalisir risiko penyakit karsiovaskuler.
Setelah memahami beragam manfaat yang tersembunyi dari biji labu kuning diatas, masihkah Anda rela membuangnya? Semoga informasi yang berjudul manfaat tersembunyi dari biji labu kuning yang sering diabaikan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...

Baca Juga

Jangan buang Biji labu kuning! Ini Sepuluh Manfaatnya Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar