Friday, June 3, 2016

Tips Cerdas Agar Tidak Boros Belanja saat Bulan Ramadhan

Setiap bulan ramadhan, umat islam diwajibkan berpuasa. Meski berpuasa seharian penuh, sayangnya bukan membuat uang belanja berkurang, sebaliknya justru banyak orang yang merasa lebih boros dibandingkan hari-hari biasanya. Tidak mengherankan sich, karena kebanyakan ibu pasti merasa ingin memberikan yang terbaik untuk keluarganya yang berpuasa, tertama anak-anak. Menyiapkan hidangan istimewa pada keluarga yang berpuasa memang wajib, tapi tetap saja harus menghindari perilaku boros. Apalagi bulan ramadhan yang penuh berkah, dimana kita seharusnya kita lebih meningkatkan amal ibadah, salah satunya : sedekah. Nah, bagaimana bisa meningkatkan sedekah, kalau kita terus dipusingkan dengan uang belanja yang semakin habis tak terkontrol? 

Agar puasa dan sedekah tetap lancar di bulan ramadhan, sebaiknya simak Tips  Cerdas Agar Tidak Boros saat Bulan Ramadhan, berikut ini :

•    Belanja kebutuhan ramadhan untuk satu bulan

Belanja dengan jumlah besar umumnya akan lebih murah dibandingkan belanja eceran. Selain itu, belanja untuk satu bulan juga lebih efisien, karena menghemat waktu dan juga tenaga Anda. Untuk itu, pastikan ibu belanja untuk kebutuhan selama sebulan, misalnya : Beras 25 kg, gula 3 kg, minyak goreng 2ltr 3 bks, detergent 3 kg, makanan beku 3 bks, dan lainnya.

•    Buat stock bumbu jadi saat ramadhan

Menyiapkan stock bumbu jadi bisa menjadi solusi berhemat sekaligus memudahkan para ibu dalam menyelesaikan urusan di dapur. Para ibu bisa menyiapkan bumbu merah, putih, dan kuning. Jadi, ketika masak, tinggal cemplung-cemplung saja.. beres.

•    Buka dan sahur di rumah saja

Buka dan sahur di luar memang menyenangkan, tapi akan lebih menyenangkan jika dilakukan dirumah bareng keluarga. Seperti yang kita tahu, makanan di rumah makan atau restoran pastilah lebih mahal daripada makanan buatan Anda sendiri. Buka di rumah tidak hanya lebih murah, tapi juga pasti terjaga higienitasnya.

•    Membuat minuman dan cemilan sendiri

Cemilan dan minuman adalah satu hal yang tidak bisa dilewatkan saat berbuka. Agar lebih hemat, Anda bisa membuat sendiri cemilan dan juga minuman kesukaan keluarga. Selain lebih hemat, pastinya juga lebih sehat dan aman, karena terhindar dari pemanis atau pewarna buatan.

•    Stop memberi uang jajan anak, kecuali untuk…

Demi menjaga kesehatan buah hati Anda yang tengah berpuasa, sebisa mungkin hindari memberi uang jajan pada anak, kecuali untuk bersedekah. Jadi, berikan penjelasan jika uang yang Anda berikan saat ramadhan hanyalah semata untuk disedekahkan an bukan untuk dibelikan jajan.
Dengan Tips  Cerdas Agar Tidak Boros saat Bulan Ramadhan diatas, dijamin Anda tidak akan pusing dengan pengeluaran saat ramadhan dan pastinya akan lebih lancar bersedekah.

Loading...

Baca Juga

Tips Cerdas Agar Tidak Boros Belanja saat Bulan Ramadhan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar