Wednesday, June 8, 2016

Tujuh Tips Agar Tidak Ngantuk Setelah Berbuka dan Saat Shalat Taraweh

Berbuka puasa merupakan moment yang membahagiakan dan penuh berkah setelah seharian penuh kita menahan lapar dan dahaga. Setelah buka puasa, seseorang akan menjadi lebih segar dan kuat. Namun sayangnya tak berapa lama kemudian, seseorang akan merasa mengantuk, padahal pada malam ramadhan ada ibadah sunnah yang sangat dianjurkan, yakni taraweh. Bagaimana bisa maksimal mengerjakan shalat taraweh kalau kita diserang rasa kantuk yang hebat? Nah, agar Anda bisa tetap semangat mengerjakan shalat Taraweh, kita akan membagikan tips-tips sederhana untuk mencegah ngantuk saat shalat taraweh, berikut ini :

•    Niat

Niat yang membuat semua hal akan terwujud dengan sukses. Begitupun dengan Anda, pastikan berniat sungguh-sungguh untuk mengerjakan shalat taraweh, dijamin kantuk tersebut akan lenyap dengan sendirinya.

•    Hindari makan berlebihan saat berbuka puasa

Kekenyangan dapat memicu rasa kantuk. Oleh Karena itu, pastikan jangan berlebihan saat menikmati buka puasa. Makanlah secukupnya dan lanjutkan lagi setelah shalat taraweh, pasti dech rasa kantuk itu tidak akan menyerang Anda selama taraweh.

•    Tidur siang hari

Meski sebentar, pastikan Anda lakukan tidur di siang hari. Hal ini penting, karena saat ramadhan, jam tidur Anda pasti akan berkurang, karena harus bangun lebih awal untuk makan sahur. Tidur siang akan membuat Anda lebih segar dna tika mudha ngantuk saat taraweh.

•    Hindari tidur larut malam

Meski sedang puasa, pastikan Anda tetap jaga pola tidur yang cukup di malam hari. Selain membuat tubuh lebih sehat, tidur cukup dimalam hari juga mencegah Anda ngantuk saat mengerjakan shalat taraweh.

•    Hindari berdekatan dengan kipas angin atau AC

Sudah perut terasa kenyang, ditambah lagi kondisi dingin, hem… sudah pasti ngantuk akan mudah menyerang. Untuk menyiasatinya, pastikan Anda memilih tempat yang jauh dari kipas angin atau AC.

•    Ambil air wudhu

Kantuk menjadi salah satu cara bagi setan untuk menghindarkan kita dari ibadah. Untuk mengusirnya, Anda bisa mengambil air wudhu. Percikan air yang segar dapat membuat mata kembali terbuka dan kantukpun lenyap.

•    Ikhlas meraup pahala ramadhan

Jusrus terakhir yang wjib Anda terapkan alam hati adalah ikhlas an jangan jadikan shalat taraweh sebagai beban. Dengan begitu, Anda akan lebih ringan dan tidak terbebani saat mengerjakannya.
Dengan ketujuh tips diatas, semoga Anda tidak lagi mengantuk saat shalat taraweh ya. Yuk lebih semangat lagi mengumpulkan pahala yang melimpah saat bulan ramadhan.

Loading...

Baca Juga

Tujuh Tips Agar Tidak Ngantuk Setelah Berbuka dan Saat Shalat Taraweh
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar