Saturday, September 24, 2016

Kenali Penyebab Serangan Jantung Pada Wanita

Dibandingkan pria, wanita memiliki risiko lebih kecil terkena serangan jantung. Kenapa demikian? Karena wanita memiliki kadar hormone estrogen yang tinggi sehingga ampuh melindungi tubuh dari penyumbatan pembuluh darah pada jantungnya. Namun ketika wanita sudah menopause atau berhenti menstruasi, maka dia akan memiliki risiko terkena serangan jantung yang sama dengan pria. Ketika menopause, wanita mengalami penurunan hormone estrogen sehingga menyebabkan tubuh wanita kesulitan dalam menyeimbangkan kadar kolesterol dalam tubuhnya. Tidak hanya itu, karena meskipun belum menopause, wanita juga bisa memiliki risiko terkena serangan jantung yang sama dengan pria. Kira-kira apa sajakah  penyebab serangan jantung pada wanita? Simak informasinya berikut ini :

•    Tidak menjaga pola makan yang sehat

Sulitnya tubuh menyeimbangkan kadar kolesterol mebuat kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuhnya akan lebih mudah melonjak ketika wanita tidak menjaga pola makan yang sehat. Padahal tingginya kadar kolesterol berpotensi sebabkan serangan jantung.

•    Mer*k*k

Kebiasaan buruk tersebut berpotensi mempersempit pembuluh darah. Selain itu, dalam benda tersebut terdapat zat kimia yang dapat meracuni tubuh sehingga wanita yang menyukainya sangat berisiko mengalami serangan jantung.

•    Wanita yang mengonsumsi pil KB

Selain mer*k*k, wanita yang mengonsumsi pil KB juga berisiko tinggi menderita serangan jantung,karena Pil KB memberikan efek darah menjadi kental sehingga berpotensi sebabkan sumbatan pada pembuluh darah. Ketika terjdi penyumbatan pada pembuluh darah, maka serangan jantung akan sulit dihindarkan lagi.

•    Menopause

Dari awal sudah disebutkan jika saat wanita menopause, maka produksi hormone estrogen mulai menurun sehingga berisiko tinggi mengalami penyakit jantung koroner.

•    Mengalami gangguan hormonal

Wanita yang mengalami gangguan hormonal juga berisiko mengalami masalah pada kesehatan jantungnya, seperti : gangguan irama jantung.

•    Tekanan darah tinggi

Wanita yang menderita tekanan darah tinggi memiliki risiko tinggi terkena serangan jantung.

•    Kelebihan berat badan

Wanita yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas memiliki risiko menderita beberapa penyakit, termasuk salah satunya serangan jantung. Oleh karena itu, pastikan kontrol berat badan.

Gejala awal serangan jantung pada wanita

Penyakit jantung pada pria dan wanita memiliki gejala yang berbeda, jika pria lebih pada rasa sakit di bawah tulang dada yang menyebar ke rahang dan lengan kiri, maka serangan jantung pada wanita lebih banyak ditandai dengan gejala sakit parah di area rahang dan gangguan pencernaan. Karena tidak menyalami nyeri dada, maka banyak wanita mengira jika hal itu bukanlah serangan jantung. Bisa dikatakan jika gejala penyakit jantung pada wanita sangatlah samar dan sulit ditebak sehingga tak heran jika banyak yang mengabaikannya. Padahal serangan jantung yang tidak tertangani dengan baik sangat berisiko sebabkan kematian.

Cara Wanita menghindari penyakit jantung

Untuk menghindari penyakit jantung, sebaiknya para wanita mulai menjaga gaya hidup sehat, dari mulai : menjaga pola makan yang sehat, hindari kebiasaan buruk, olahraga rutin, jaga berat badan ideal, jangan stress, dan lainnya.
Semoga informasi yang berjudul Kenali Penyebab Serangan Jantung Pada Wanita diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tags : penyakit jantung pada wanita gejala penyakit jantung pada wanita ciri penyakit jantung pada wanita tanda penyakit jantung pada wanita ciri2 penyakit jantung pada wanita penyebab penyakit jantung pada wanita orang yang beresiko terkena penyakit jantung

Loading...

Baca Juga

Kenali Penyebab Serangan Jantung Pada Wanita
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar