Friday, September 30, 2016

Mengenal Perbedaan Kista dan Miom

Kista dan miom merupakan tumor jinak yang sering menghantui para wanita. Banyak yang menganggap kedua penyakit ini sama, padahal meski keduanya sama menyerang organ reproduksi, namun ada beberapa perbedaan yang cukup signifikan diantara keduanya. Jadi tidak hanya bentuknya yang berbeda, tapi juga posisi dan juga keluhan yang dialami penderita yang tidak sama. Para wanitawajib memahami perbedaan kedua penyakit ini agar mereka bisa melakukan upaya pencegahan dan juga pengobatan yang tepat. 
beda tumor dan kista/http://ahlitumor.com

Nah, agar tidak salah lagi, disini kita akan membagikan informasi tentang perbedaan kista dan miom, diantaranya :

Bentuknya

Merupakan tumor yang berupa benjolan dan berisi cairan, sementara miom merupakan tumor jinak yang terdiri atas serabut-serabut otot polos yang menyerupai bola sehingga menyebabkan pertumbuhan otot-ott rahim menjadi tidak normal.

Lokasi gumpalan

Jika dilihat dari lokasinya, kista terletak di indung telur bagian kiri/kanan atau keduanya. Sementara miom terletak di rahim, baik di permukaan rahim, tengah rahim atau di dalam rahim.

Keluhan yang dirasakan

Gejala yang dirasakan dari kedua penyakit ini juga berbeda, misalnya gejala yang dirasakan penderita kista, yakni : nyeri perut bawah, rasa nyeri ketika haid di hari pertama, kedua dan saat berhubungan badan. Sementara penderita miom mengalami beberapa keluhan, seperti siklus haid tidak teratur, jumlah hari haid lebih panjang atau bisa juga frekuensi darah haids lebih banyak/deras, dan nyeri pinggul/perut bawah.

Penyebabnya

Meski hingga kini belum diketahui secara pasti apa penyebabnya, namun diduga jika penyakit kista disebabkan karena bahan-bahan karsiogenik. Sementara itu miom banyak disebabkan karena factor hormonal, terutama hormone estrogen.

Penanganan

Penanganan yang bisa dilakukan untuk kista tentu tergantung jenis kistanya, mislanya : untuk kista non neoplastik biasanya akan mengempes sendiri setelah 2-3 bulan, sementara kista neoplastik harus ditangani dengan cara operasi. Sedangkan untuk miom, penanganan bisa dilakukan dengan dua cara, yakni : Miomektomi (operasi pengangkatan miom tanpa mengorbankan rahim) atau Histerektomi (operasi pengangkatan miom bersama dengan rahim)
Dengan Mengenal Perbedaan Kista dan Miom diatas, diharapkan para wanita lebih cerdas dalam melakukan upaya pencegahan dan juga penanganan ketika mengalami beberapa gejala diatas. Semoga bermanfaat!

Tags : apa beda miom dan kista?, penyebab kista dan miom, bentuk kista dan miom, pengobatan kista dan miom, miom dan kista

Source : http://www.drramsey.com

Loading...

Baca Juga

Mengenal Perbedaan Kista dan Miom
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar