Tuesday, September 20, 2016

Sering Kesemutan? Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius!

Pernahkah Anda mengalami kesemutan? Kesemutan termasuk hal yang umum dialami oleh semua orang, terutama ketika kita tidak berganti posisi dalam waktu lama. Meski sepele, namun kesemutan sering menimbulkan rasa yang tidak nyaman bahkan mengganggu aktivitas. Tahukah Anda jika kesemutan yang Anda alami bisa jadi merupakan pertanda adanya gangguan saraf dan gejala awal penyakit serius. Nah, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda selalu waspada ketika tubuh sering kesemutan dan sebisa mungkin segera atasi atau periksakan diri ke dokter bila disertai gejala lain yang mencurigakan.

Penyebab kesemutan

Kesemutan bisa disebabkan beberapa hal, diantaranya : tertindih, penekanan teralu lama, gangguan fungsi saraf, gangguan aliran darah atau bisa juga karena adanya penyakit tertentu dalam tubuh. Kesemutan memiliki rasa yang lumayan menyiksa, dari mulai baal, kebas, hingga rasa nyeri ketika anggota tubuh digerakkan.

Kesemutan yang wajib diwaspadai

Meski kesemutan sering hilang sendiri tanpa pengobatan, namun Anda harus waspada ketika kesemutantidak juga sembuh,  justru menjalar ke area tubuh lainnya yang lebih luas. Atau kesemutan tersebut dibarengi munculnya tanda-tanda mencurigakan lain, seperti : mual muntah, pusing kepala, demam, kelumpuhan, dan lainnya.

Beberapa Penyakit Serius yang ditandai dengan Kesemutan

Meski kesemutan, namun kita tidak bisa meremehkannya, karena bisa jadi merupakan tanda dan gejala penyakit serius, diantaranya :

Diabetes mellitus (kencing manis)

Kesemutan pada penderita kencing manis terjadi akibat kerusakan pembuluh darah sehingga aliran darah menuju saraf berkurang. Gejala yang dirasakan, antara lain : telapak kaki terasa panas, tebal dan keseutan serta nyeri seperti ditusuk-tusuk pada malam hari.

Carpal Tunnel Syndrome (CTS)

Anda pernah mengalami kesemutan pada ujung jari tangan kanan dan rasa kebas saat beraktivitas? Hal ini disebabkan adanya pembesaran otot pada rongga pergelangan tangan sehingga menekan saraf dan mengganggu aliran darah ke tangan. Hal ini bisa berakibat kurangnya nutrisi otot dan membuatnya jadi lemah.

Jantung

Kesemutan bisa jadi merupakan gejala penyakit jantung, terutama akibat komplikasi jantung dan saraf.

Stroke

Stroke yang menyerang sistem sensorik, maka akan mengakibatkan sensasi kesemutan atau baal sebelah badan.

Rematik

Rematik termasuk satu penyakit yang disertai gejala kesemutan atau rasa tebal pada bagian tubuh tertentu.

Cara Mengatasi Kesemutan

•    Penuhi kebutuhan nutrisi, terutama Vitamin B yang membantu mengaktifkan system saraf.
•    Sering-seringlah berubah posisi dan hindari posisi tertentu terlalu lama, misalnya : menyilangkan kaki, bersila, dan lainnya
•    Duduk dengan posisi yang tepat
•    Hindari menekan bagian tubuh tertentu dalam waktu lama
•    Relaksasi agar tubuh Anda tidak tegang
Semoga informasi yang berjudul Sering Kesemutan? Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius! Diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tags : penyebab kesemutan pada tangan penyebab kesemutan pada kaki penyebab kesemutan obat kesemutan kepala kesemutan kesemutan adalah kesemutan in english kesemutan di tangan kanan

Loading...

Baca Juga

Sering Kesemutan? Bisa Jadi Pertanda Penyakit Serius!
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar