Wednesday, October 5, 2016

Cegukan terus Menerus? Jangan-jangan Anda Menderita Penyakit Ini!

Hampir semua orang pasti pernah mengalami cegukan atau sendawa, apalagi setelah makan dan minum. Sendawa atau cegukan sendiri merupakan salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan gas secara alami. Sendawa sebanyak sekali atau dua kali adalah hal yang normal dan tidak membahayakan kesehatan. Tapi bagaimana jika sendawa terjadi berkali-kali atau sulit berhenti? Meski terlihat sepele, namun sendawa yang terus menerus harus diwaspadai, karena bisa jadi merupakan gejala penyakit tertentu. Kira-kira apa sajakah penyakit yang ditandai dengan sendawa terus menerus?

Agar lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini :

Kanker Lambung

Kanker lambung termasuk salah satu penyakit yang memiliki gejala, diantaranya : sendawa terus menerus, skait perut, muntah, mual dan lainnya. Oleh karena itu, jika mengalami sendawa dan disertai gejala lainnya, segera hubungi dokter yaa!

Gastroparesis

Gastroparesis termasuk salah satu gangguan para perut yang terjadi akibat otot-otot perut tidak berfungsi secara normal. Akibat kondisi tersebut, makanan menjadi terjebak dalam perut dan tidak bisa melewati system pencernaan. Akibat kondisi ini, seseorang akan mengalami sendawa terus menerus.

GERD (gastroesophageal reflux disease)

GERD merupakan satu kondisi dimana asam lambung naik ke kerongkongan. Penyakit ini juga bisa sebabkan sendawa terus menerus.

Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan termasuk slaah satu penyebab seseorang mengalami sendawa terus menerus. Penyebabnya snagat beragam, diantaranya : mengonsumsi makanan berlemak, makanan bergas dan lainnya.

Aerofagia

Aerofagia bisa disebut sebagai telan angin yang menyebabkan seseorang terus bersendawa. Penyebabnya sangat beragam, yakni : minum minuman bersoda, makan terlalu cepat, minum menggunakan sedotan dan aktivitas lainnya yang membuat udara mudah tertelan.

Irritable Bowel Syndrome (Sindrom Usus Rengsa)

Irritable Bowel Syndrome (IBS) merupakan salah satu gangguan usus yang mengakibatkan perut kembung, kram, sakit, diare atau bahkan sembelit. Penyakit ini umumnya ditandai dnegan sendawa yang terus menerus.
Selain disebabkan masalah diatas, sendawa juga bisa terjadi karena makanan yang Anda konsumsi. Ada beberapa makanan yang dapat memicu sendawa, diantaranya : kacang-kacangan, kecambah, bawang Bombay, cokelat, makanan asam, dan lainnya.

Cara Mengatasi sendawa

Jika Anda mengalami sendawa yang tak kunjung berhenti, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara sederhana, diantaranya : minum teh herbal, hindari makan terburu-buru, hindari mer0k0k, batasi konsumsi permen, konsumsi minuman atau suplemen prebiotik yang bagus untuk pencernaan, kenakan pakaian yang nyaman, hindari makanan berlemak, makanan pedas atau yang mengandung gas, dan lainnya. Jika cara tersebut tidak membuat sendawa Anda berhenti dan justru makin parah, segera periksakan diri ke dokter agar segera mendapatkan pengobatan yang tepat.

Source : 

Tags :  sendawa terus menerus apa obatnya sendawa adalah obat sering sendawa sendawa berlebihan gejala sering sendawa dan mual penyebab sering sendawa dan kentut sering sendawa apakah hamil penyebab sendawa berkepanjangan

Loading...

Baca Juga

Cegukan terus Menerus? Jangan-jangan Anda Menderita Penyakit Ini!
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar