Sunday, November 6, 2016

7 Penyakit yang Bisa dikenali Lewat Lidah

Hampir semua orang pasti pernah menjulurkan lidah, namun tidak semua orang memperhatikan kondisinya. Padahal lidah merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting, karena tidak hanya berfungsi untuk makan, mengunyah, dan berbicara tapi juga bisa menunjukan kemungkinan adanya penyakit yang menyerang kita. Lidah yang normal memiliki cirri-ciri, diantaranya : berwarna pink, mulus dan lembab. Nah, jika Anda menemui hal yang aneh saat menjulurkan lidah, segera waspadai karena bisa jadi merupakan gejala 7 penyakit berikut ini :

1.    Anemia

Anemia bisa dikenali dari lidah, yakni : warnanya pucat  dan licin sebagai pertanta kurang vitamin B12 atau bisa juga zat besi.

2.    Dehidrasi

Meski lidah berwarna merah muda, namun kalau tidak normal atau disertai warna kekuningan menunjukkan adanya indikasi penyakit yang menyerang, diantaranya : dehidrasi, demam atau penyakit pernafasan.

3.    Infeksi jamur

Pada lidah terdapat lapisan putih yang tebal atau membandel ? Jangan sepelekan, karena bisa jadi merupakan tanda adanya infeksi jamur yang memicu masalah bau mulut.

4.    Kebersihan mulut tidak terjaga

Ketika melihat kondisi lidah berwarna hitam dan berbulu, Anda harus waspada karena hal itu menunjukkan kebersihan mulut kurang terjaga. Kondisi tersebut disebbakan pola makan yang kurang terjaga, misalnya : minum kopi, mer0k0k, minum teh, jarang gosok gigi dan lainnya.

5.    Stres

Ketika kondisi lidah terlihat kering, bisa jadi saat itu Anda mnegalami stress berlebihan. Jika mengalami kondisi ini, segera minum air secukupnya dan tenangkan diri Anda agar stress tidak sampai mengganggu kesehatan Anda.

6.    Kurang vitamin hingga Penyakit Kawasaki

Lidah memiliki warna yang merah, bisa jadi merupakan tanda kekurangan vitamin B3. Namun jika disertai demam tinggi pada anak, segera hubungi dokter karena bsia jadi merupakan tanda penyakit Kawasaki.

7.    Kerusakan saraf

Kerusakan saraf juga bsia dideteksi dari lidah, yakni : mendadak lidah sulit digerakkan atau gerak lidah terbatas.

Cara Menjaga Kesehatan Lidah

Menjaga lidah agar sehat bisa dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya :
•    Rajin menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur
•    Bersihkan lidah dari sisa makanan
•    Hindari mengonsumsi makanan yang terlalu panas atau dingin
•    Konsumsi makanan yang sehat bernutrisi
Semoga informasi yang disebutkan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua ya!
Source : Boldsky


Loading...

Baca Juga

7 Penyakit yang Bisa dikenali Lewat Lidah
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar