Monday, December 12, 2016

Bahaya Menahan Pipis Terlalu Lama Bagi Kesehatan

Hampir semua orang  pasti pernah menahan pipis, bukan? Sesekali menahan pipis sich tidak masalah, namun akan berbahaya jika terlalu sering dilakukan hingga menjadi kebiasaan. Normalnya, kita harus membuang air kencing setiap 4-6 jam, namun kadang kala karena sibuk, malas atau alasan lain sehingga seseorang rela menahan pipis. Kebiasaan menahan pipis tidak hanya membahayakan kesehatan kandung kemih, namun juga berisiko sebabkan penyakit serius. Hal ini terjadi akibat kuman dalam urine yang terlalu lama mengendap dalam kandung kemih, akibatnya infeksi tersebut dapat menyebar kedalam ginjal dan sebabkan kondisi yang lebih serius. Ingin tahu, apa sajakah bahaya akibat menahan pipis yang siap menimpa Anda? Simak informasinya, berikut ini :

Infeksi saluran kencing

Menahan kencing terlalu lama dapat berisiko sebabkan infeksi saluran kencing. Hal ini disebabkan bakteri yang harusnya keluar bersama kencing justru berkembang biak akibat Anda menahannya dalam waktu lama.

Batu ginjal

Batu ginjal terbentuk dari kelebihan kalsium, natrium, asam urat dan lainnya yang harusnya bisa keluar dengan sendirinya melalui urine. Namun ketika Anda menahannya terlalu lama, maka zat-zat tersebut akan mengendap dan mengkristal sehingga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa saat hendak kencing.

Mengompol

Kebiasaan menahan pipis akan membuat kandung kemih terisi penuh yang jika dibiarkan dapat sebabkan otot-otot yang menjaga kandung kemih tidak kuat menahan tekanan dalam waktu lama. Akibatnya bisa bocor sewaktu-waktu tanpa disadari (mengompol).

Nyeri pada perut yang berkepanjangan

Kebiasaan menahan pipis terlalu lama dapat sebabkan nyeri pada perut bagian bawah. Rasa sakit ini akibat otot-otot yang mengejang dan biasanya berlangsung selama beberapa hari setelah otot kembali rileks.

Pembengkakan pada kandung kemih

Terlalu lama menahan pipis mengakibatkan rasa ingin BAK hilang dengan sendirinya. Hal ini terjadi akibat ukuran kandung kemih yang meregang sehingga mempengaruhi kesehatan kandung kemih dalam jangka panjang.
Mengingat pentingnya fungsi dari buang air kecil, maka sudah selayaknya kita tidak menahan pipis. Lakukan buang air kecil secara teratur dan selesaikan hingga tuntas. Jangan lupa pula jaga kebersihan di area vital tersebut agar terhindar dari bakteri penyebab penyakit serius.

Loading...

Baca Juga

Bahaya Menahan Pipis Terlalu Lama Bagi Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar