Wednesday, December 28, 2016

Telapak Kaki Terasa Panas? Atasi dengan Cara Sederhana Ini

Kaki merupakan organ yang sangat penting, karena berfungsi menopang tubuh. Ketika kaki mengalami masalah, sudah pasti akan mengganggu seluruh aktivitas Anda, bukan? Ada banyak gejala tidak nyaman yang menyerang kaki, salah satunya : rasa panas pada telapak kaki bagian tengah hingga tumit. Rasa panas tersebut seringkali datang tiba-tiba, terutama saat malam hari atau bangun tidur. Mungkin banyak yang tidak tahu, apa sich penyebab telapak kaki terasa panas dan bagaimana cara mengatasinya? Telapak kaki terasa panas secara mendadak dan sakit paba tumit bisa disebabkan banyak hal, salah satunya plantar fasciitis. Plantar fasciitis merupakan satu kondisi yang disebabkan terjadinya peradangan pada jaringan ikat yang menghubungkan antara jari-jari kaki dengan tumit. 

Penyebab Plantas fasciitis

Ada banyak penyebab peradangan pada jaringan ikat atau plantas fasciitis, diantaranya adalah :
•    Aktivitas berlebihan yang bertumpu pada kaki
•    Penggunaan sepatu atau sandal yang kurang cocok.
•    Terjadi trauma pad tumit
•    Diabetes
•    Peradangan pada sendi (arthritis)
•    Bentuk kaki yang abnormal

Gejala penyakit Plantar Fasciitis

Plantar fasciitis memiliki gejala yang cukup menyiksa, diantaranya : rasa panas seperti terbakar sepanjang malam hingga bangun tidur, nyeri seperti ditusuk-tusuk saat berjalan. Meski begitu, seringkali rasa nyeri itu hilang dnegan sendirinya saat dibuat berjalan. Akan tetapi rasa nyeri tersebut bisa datang kembali saat Anda berdiri lama atau bangun dari duduk.
Diagnosa penyakit Plantas fasciitis
Untuk memastikan benar tidaknya penyakit yang anda alami, diperlukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang tepat, misalnya : pemeriksaan laboratorium atau rontgen tulang kaki.

Cara Mengatasi Penyakit Plantar Fasciitis

Penyakit plantar fasciitis bisa hilang/sembuh dengan sendirinya tanpa harus dilakukan pengobatan atau pembedahan, akan tetapi pada kasus-kasus tertentu tetap dibutuhkan pemberian obat untuk mengatasi peradangan, misalnya : asam mefenamat, ibuprofen, dan lainnya. Selain itu bisa juga penderita diberikan suntikan steroid pada bagian kaki yang terasa nyeri. Selain itu, da beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi derita akibat plantar fasciitis, diantaranya :
•    Kurangi aktivitas yang memforsir kaki
•    Kompres hangat bagian telapak hingga tumit
•    Rendam kaki di air garam hangat sebelum tidur
•     Jaga berat badan ideal
Jika upaya diatas tidak membantu, maka Anda bisa segera mengunjungi dokter specialis tulang untuk evaluasi lebih lanjut dan tindakan penanganan yang tepat.

Baca Artikel keren lainnya
5 Kesalahan menggunakan masker yang buat kulit keriput dan cepat tua
Jempol Kaki bengkak dan Nyeri? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
Pantat terasa panas setelah BAB? jangan-jangan ini penyebabnya
Source : Klikdokter

Loading...

Baca Juga

Telapak Kaki Terasa Panas? Atasi dengan Cara Sederhana Ini
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar