Friday, December 2, 2016

Waspadai Tanda-Tanda Kista Jinak yang Berpotensi Menjadi Ganas

Anda divonis menderita penyakit kista? Kista ovarium merupakan satu kondisi dimana terdapat kantung berisi cairan yang tumbuh pada indung telur atau ovarium. Umumnya, kista ovarium tidak berbahaya dan bisa menghilang dengan sendirinya, meski tanpa perawatan khusus. Bahkan karena tidak menimbulkan gejala tertentu, maka seseorang seringkali tidak merasakan keluhan apapun. Namun begitu, kehadirannya tidak bisa disepelekan, karena kista yang jinak tersebut bisa berpotensi menjadi ganas jika tidak ditangani dengan benar. Kira-kira bagaimanakah tanda-tanda kista yang berpotensi menjadi ganas tersebut? 

Penyakit kista umumnya tidak disertai gejala, baru setelah kista membesar, pecah atau menutup suplai darah menuju ke ovarium, penderita akan mengalami beberapa gejala serius, diantaranya : sering buang air kecil, perut kembung, siklus mentsruasi berubah, payudara nyeri, mual dan muntah, gangguan pencernaan, nyeri sebelum dan saat menstruasi, nyeri panggul, nyeri saat BAB, dan lainnya.

Kenali beragam jenis kista Ovarium

Ada beberapa jenis kista ovarium yang wajib dikenali agar memudahkan kita mengambil tindakan yang tepat ketika mendapati kondisi ini pada keluarga atau orang-orang yang kita kenal, yakni :

Kista fungsional

Kista ini umumnya berkaitan dengan menstruasi . Kista jenis ini tidak menimbulkan rasa sakit, bahkan akan menghilang dengan sendirinya tanpa harus dilakukan perawatan khusus.

Kista jinak

Kista jinak merupakan kebalikan dari kista fungsional, dimana tidak berkaitan dengan menstruasi.kista jinak memiliki banyak jenis, diantaranya : kista dermoid, kista cystadenoma, kista endometrioma dan lainnya. Kita jinak tidak bisa diremehkan, tapi harus dipantau secara berkala, bahkan seringkali dibutuhkan tindakan operasi karena kista jinak jenis cystadenoma dan endomentrioma berpotensi berkembang menjadi kanker ovarium.

Kista ganas

Kista jenis ini mengandung sel-sel kanker yang berpotensi sebabkan kanker ovarium. Umumnya, kista ganas ini dimulai dari kista jinak yang terlambat diobati hingga menjadi kanker ganas.

Cara Mendeteksi Kista Ganas

Deteksi lebih dini dapat membantu Anda mengetahui apakah kista yang Anda derita berpotensi sebabkan kanker atau tidak. Bagaimana cara mendeteksi kista ganas atau tidak? Simak infomasinya berikut ini :

•    Status menopause

Wanita menopause memiliki risiko lebih tinggi terkena kista yang berpotensi kanker, dibandingkan yang masih menstruasi.

•    Tes darah CA-125

Seseorang penderita kista yang memiliki kadar CA 125 tinggi umumnya berpotensi menjadi kanker ovarium. Namun hal ini tidka bisa menjadi patokan, karena kadar CA-125 wanita juga bisa meningkat pada saat wanita mengalami menstruasi, hamil atau menderita kista jinak.

•    USG

Ini bisa jadi merupakan cara paling akurat untuk mendeteksi jenis, ukuran maupun letak kista.
Semoga informasi yang berjudul Waspadai Tanda-Tanda Kista Jinak yang Berpotensi Menjadi Ganas diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

source : alodokter

Tags : penyakit kista ganas, pengobatan kista, penyebab kista, pengertian penyakit kista, jenis-jenis kista, tanda kista ganas, kapan kista menjadi ganas, kista bisa sembuh, cara sembuhkan kista

Loading...

Baca Juga

Waspadai Tanda-Tanda Kista Jinak yang Berpotensi Menjadi Ganas
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar