Monday, February 6, 2017

Benarkan Olahraga Saat Menstruasi itu Berbahaya? Ini Faktanya

Sebagai perempuan, pasti setiap bulan kita akan menerima tamu wajib bulanan atau yang disebut menstruasi. Saat menstruasi, umumnya diawali dengan serentetan gejala PMS yang lumayan mengganggu kenyamanan, dari mulai perut kembung, pusing kepala, nyeri payudara, badan pegal-pegal, mood memburuk, dan lainnya. Beberapa alasan itulah yang membuat wanita menjadi malas beraktivitas saat menstruasi, termasuk olahraga. Hal itu diperparah lagi dengan selentingan kabar (yang ternyata hanya mitos) yang menyebutkan jika olahraga saat menstruasi harus dihindari karena dapat sebabkan gangguan kesehatan tertentu, seperti : perdarahan, menstruasi tiba-tiba berhenti atau yang lainnya. Kira-kira benar nggak sich jika olahraga saat menstruasi harus dihindari karena berdampak buruk pada kesehatan? Agar tidak terjebak pada sesuatu yang salah kaprah, sebaiknya simak penjelasan dalam artikel ini.
 olahraga saat menstruasi/Hyvä Terveys.fi

Fakta olahraga saat menstruasi

Olahraga saat menstruasi tidaklah dilarang, bahkan malah dianjurkan karena saat olahraga, maka tubuh akan secara otomatis melepaskan hormone endorfin atau morfin alami yang membuat suasana hati membaik. Selain itu, hormone tersebut juga ampuh mengurangi rasa nyeri saat PMS serta menyingkirkan zat protagladin yang memang diproduksi tubuh saat menstruasi, dimana zat tersebut dapat sebabkan nyeri, kontraksi otot, demam maupun peradangan.
Selain itu, Olahraga juga sangat dibutuhkan untuk membantu membakar kalori, dimana umumnya nafsu makan wanita akan meningkat saat menstruasi. Bisa dibayangkan, berapa banyak peningkatan berat badan jika wanita justru malas berolahraga saat menstruasi.

Olahraga yang cocok dilakukan saat menstruasi

Meski olahraga baik dilakukan saat menstruasi, namun Anda harus selektif memilih olahraga yang aman. Apa sajakah jenis olahraga saat menstruasi? Simak informasinya, berikut ini :
•    Berjalan kaki
•    Aerobik
•    Lari jarak pendek
•    Yoga
•    Pilates

Olahraga yang berbahaya saat menstruasi

Olahraga yang dilarang saat menstruasi adalah olahraga yang berlebihan, karena dapat berisiko menghentikan menstruasi Anda. Olahraga berlebihan disini adalah olahraga yang memaksa tubuh bergerak diluar batas kemampuan kita  Bisa dibayangkan, bagaimana mungkin wanita hidup tanpa menstruasi? Padahal menstruasi merupakan tolak ukur dari kesuburan seorang wanita. Pasti Anda tidak ingin hal ini menimpa Anda bukan? 

Sumber : Fimela.com, alodokter

Loading...

Baca Juga

Benarkan Olahraga Saat Menstruasi itu Berbahaya? Ini Faktanya
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar