Wednesday, March 15, 2017

Jangan Sedih Anak Terlambat Bicara, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

IntipsLagi - Pada usia berapakah Anda bunda bisa bicara lancar? Normalnya, anak usia 1,5 tahun sudah bisa mengucap beberapa kata secara konsisten, misalnya : ayah, mama, papa, apa, dan lainnya. Baru ketika anak berusia 2 tahun, biasanya dia akan mulai belajar merangkai kata sederhana. Akan tetapi bagaimana jika kenyataanya ada anak yang sudah berusia 2 tahun, namun masih sulit merangkai kata? Kondisi tersebut sering terjadi, akan tetapi sebagai orang dewasa, kita tidak berhak melabeli anak tersebut sebagai gagap, bisu, atau yang lainnya. Karena kenyataannya, meski sulit mengucap kata, akan tetapi dia mengerti dan memahami apa yang diucapkan oleh orang tuanya. 6 Kebiasaan Ini Sebelum Tidur Ini Bikin Kulit Wajah Segar dan Cantik Alami
Penyebab dan Cara Mengatasi Anak Terlambat Bicara

Anak bisa digolongkan terlambat bicara jika usia anak sudah mencapai 2 atau 3 tahun, akan tetapi dia belum bisa bicara lancar atau hanya bisa mengucapkan beberapa kata, itupun tidak jelas. Mungkin ada sebagian orang tua merasa bingung dan stress ketika dihadapkan pada kondisi ini. Tahukah Bunda, jika dibandingkan dengan anak perempuan, ternyata anak laki-laki lebih banyak mengalami masalah terlambat bicara. Agar lebih jelasnya, simak penyebab anak terlambat bicara berikut ini : Kenali Sembilan Perilaku Unik Bayi Baru Lahir

Keturunan


Terlambat bicara juga bisa terjadi akibat factor keturunan. Meski belum ada penelitian yang membuktikannya, tapi memang ada banyak anak yang terlambat bicara akibat memiliki keruarga dengan gangguan yang sama. Waspadai, Warna dan Tekstur Darah Menstruasi Menunjukkan Kesehatanmu

Mengalami masalah pada pendengaran

Anak yang memiliki pendengaran kurang, secara otomatis dia akan sulit memahami dan meniru apa yang diucapkan orang tuanya. Karena itu, pastikan terlebih dulu apakah anak Anda mengalami masalah pada pendengarannya.

Anak lebih aktif

Jika anak mengalami keterlambatan bicara, akan tetapi dia focus pada kecerdasan lainnya, misalnya : ketrampilan dan motoric. Maka sebagai orang tua, Anda tidak perlu cemas, karena bisa jadi si anak memang tengah menguasai ketrampilan tersebut secara optimal, misalnya : jalan lebih dulu, baru dech bicara.

Kurang komunikasi

Komunikasi secara intens sangat bermanfaat menstimulasi anak dalam hal bahasa. Sayangnya, tak semua orang tua punya waktu untuk ngobrol intens bersama anak-anaknya.

Gadget

Anak Anda suka anteng kalau bermain gadget, nonton televise, dan lainnya? Hati-hati, karena ternyata gadget dan televise dapat sebabkan anak menjadi pendengarkan pendengar pasif tanpa bisa mencerna dan memproses informasi.

Gangguan otak

Adanya gangguan pada area otak juga bisa menjadi pemicu anak lambat bicara. Oleh karena itu, pastikan apakah Anda memiliki riwayat penyakit yang berhubungan dengan otaknya.

Cara Mengatasi anak Terlambat Bicara

Setelah memahami penyebab anak mengalami terlambat bicara diatas, ada baiknya para orang tua melakukan beberapa hal berikut ini :

  • ·Terus stimulasi anak dengan mengajaknya berkomunikasi meskipun anak belum mampu berbicara dengan baik, misalnya : menyanyi, membacakan dongeng, mengaji, dan lainnya.
  • Ajarkan anak dengan kata yang jelas, bukan dipotong-potong atau meniru gaya anak kecil (cedal, Jawa)
  • Berikan kesempatan pada anak untuk bermain dan berinteraksi dengan teman-teman sebayanya agar anak termotivasi untuk belajar.
  • Semangati anak dan yakinkan bahwa mereka anak yang hebat. Hindari mengeluh apalagi menghina anak sebagai anak yang “bodoh, atau yang lainnya.
  • Berikan reward atas keberhasilannya, karena hal ini membuat si kecil bersemangat untuk terus belajar.
  • Datangi dokter anak atau psikolog jika diperlukan, karena Anda bisa lebih leluasa berkonsultasi tentang tumbuh kembang anak.
Setelah membaca informasi diatas, pastinya Anda tidak perlu cemas berlebihan, apalagi sampai stress ketika mendapati anaknya belum bisa lancar berbicara. Tetap tanamkan rasa percaya diri pada anak, bahwa mereka pasti bisaa!

Tags : obat tradisional untuk anak telat bicara, anak telat bicara 3 tahun, anak 2 tahun belum bisa bicara normalkah, anak terlambat bicara apakah autis, anak lambat bicara menurut ustad danu, terapi pijat untuk anak terlambat bicara, obat anak terlambat bicara, cara melatih bicara anak usia 3 tahun

Loading...

Baca Juga

Jangan Sedih Anak Terlambat Bicara, Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar