Saturday, March 11, 2017

Penyebab Kerak Pada Kepala Bayi (Cradle Cap) dan Cara Mengatasinya

IntipsLagi -Umumnya bayi akan terlahir bersih dan kulitnya halus mulus serta lembut. Namun ternyata ada bagian tertentu dari tubuh bayi yang ditumbuhi kerak membandel, yakni : kepala. Kerak tersebut biasa disebut sebagai ketombe, sumbukan, sawan, sarap, dan lainnya. Jangan anggap sepele kerak pada kepala bayi, karena jika dibiarkan dapat berbahaya dan meluas hingga ke seluruh tubuh. Sebenarnya, apa sich yang menjadi penyebab kerak di kepala bayi? Dalam dunia medis, kerak pada kepala bayi disebut sebagai dermatitis seboroik, yakni peradangan pada area yang kaya akan kelenjar minyak/kelenjar lemak kulit atau sebasea. Tujuh Alasan Kenapa Bayi Wajib Menyusu Setiap Malam

Kerak Pada Kepala Bayi (Cradle Cap)
Kerak pada kepala bayi ada yang berat dan adapula yang ringan. Jika kondisinya ringan atau berupa sisik-sisik kekuningan maka disebut sebagai dandruff. Sebaliknya jika kondisinya berupa sisik-sisik yang menghitam dan menebal maka disebut sebagai cradle crap. Kondisi ini harus segera diatasi, karena bisa meluas ke area tubuh yang kaya akan kelenjar minyak, misalnya : alis mata, lipatan antara mulut dan hidung, dada dan ke seluruh tubuh.

Penyebab kerak pada kulit kepala bayi

Sebagai ibu, pastinya mereka ingin tahu, apa sich yang menjadi penyebab munculnya kerak pada kepala bayi. Kalau orang tua jaman dulu mengatakan jika kondisi ini disebabkan karena ibu hamil suka mengonsumsi makanan berlemak dan berminyak. Namun kenyataannya masih belum jelas, karena dari sisi medispun belum diketahui penyebab pastinya. Tapi pada intinya, kondisi tersebut disebabkan karena disfungsi atau gangguan pada fungsi kelenjar minyak pada rambut.

Cara Mengatasinya :

Meski kerak pada bayi yang tidak parah bisa hilang sendiri saat bayi berusia 8-12 bulan, namun rasanya risih juga jika melihat kulit mulus bayi ternoda oleh kehadiran kerak tersebut. Selain itu, jika kerak dibiarkan dapat berisiko menyebabkankan kelainan kulit yang berat. Untuk mengatasinya, Anda bisa memanfaatkan baby oil. Caranya :
  • Oleskan baby oil pada bagian tubuh yang berkerak sembari dipijat lembut, lalu diamkan beberapa jam agar kotoran melunak
  • Anda bisa menggunakan sisir khusus baby atau sikat lembut.  Sisirlah atau sikat perlahan hingga kerak rontok.
  • Setelah kerak bersih, Anda bisa mencuci kepala bayi seperti biasa hingga bersih.
  • Jika masih ada kerak, Anda bisa mengulangnya keesokan hari. Tapi ingan, jangan menggunakan benda tajam atau kuku untuk menggaruk kerak, karena khawatir dapat melukai kulit bayi.

Kerak di kepala bayi yang patut diwaspadai

Meski terlihat sepele dan bisa diatasi, namun Anda harus tetap waspada terutama jika kerak tersebut disertai tanda-tanda infeksi, misalnnya : ruam merah dan bayi rewel. Segera periksakan ke dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat. Okey dech, semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tags :
cara membersihkan kotoran di kepala bayi
kerak kepala bayi susah hilang
kerak kepala bayi berbau
cara menghilangkan kerak kepala orang dewasa
kulit kepala bayi kering dan mengelupas
penyebab kili kili pada bayi
cara menghilangkan tahi lutung di kepala bayi
kerak kepala bayi berair

Loading...

Baca Juga

Penyebab Kerak Pada Kepala Bayi (Cradle Cap) dan Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar