Friday, April 7, 2017

7 Tips dan Cara Agar Terhindar dari Anemia saat Menstruasi

IntipsLagi - Hampir setiap bulan, para wanita pasti akan mendapat tamu bulanan atau yang disebut menstruasi. Pada saat itu wanita pasti akan kehilangan banyak darah dan kondisi tersebut meningkatkan risiko anemia yang dapat menghambat aktivitasnya. Oleh karena itu, para wanita harus melakukan upaya pencegahan terhadap anemia saat menstruasi. Alangkah sayangnya, jika hanya karena anemia saat menstruasi lantas aktivitas Anda jadi terganggu.  Sebenarnya anemia saat menstruasi bisa dicegah dan dihindari dengan beberapa cara sederhana. Apa sajakah cara sederhana yang bisa dilakukan untuk mencegah anemia saat menstruasi? Agar lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini : 7 Bahaya yang Terjadi Pada Tubuhmu Akibat Kebanyakan Tidur

anemia saat menstruasi/http://www.intrauterineinsemination.info

1.    Konsumsi makanna sumber zat besi

Konsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi, seperti : sayuran hijau, kacang-kacangan, daging, telur, dan lain-lain. Sering Merasa Lapar Meski Sudah Makan? Waspadai 8 Penyebabnya

2.    Makan buah yang kaya vitamin C

Penyerapan zat besi bisa maksimal ketika ditunjang dengan nutrisi lain,seperti : Vitamin C. Untuk itu, jangan lupa konsumsi buah-buahan yang mengandung Vitamin C agar tubuh bisa maksimal menyerap zat besi.

3.    Hindari makanan dan minuman berkafein

Mengonsumsi makanan atau minuman berkafein dapat menurunkan penyerapan zat besi dari makanan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, hindari kebiasaan mengonsumsi kafein dan makan secara bersamaan.

4.    Minum suplemen penambah darah

Jika diperlukan, Anda bisa juga minum suplemen penambah darah untuk memaksimalkan penyerapan zat besi dalam tubuh.

5.    Lakukan aktivitas fisik

Saat haid, Anda jangan malah bermalas-malasan, tapi tetap lakukan aktivitas fisik saat menstruasi, termasuk : olahraga ringan.

6.    Perhatikan asupan kalori

Agar tetap fit dan bugar meski sedang menstruasi, pastikan Anda memperhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi setiap hari. Sesuaikan dengan kebutuhan dan aktivitas yang dilakukan dan pastikan memvariasikan dengan jenis makanan sehat.

7.    Konsumsi makanan kaya asam folat

Konsumsi makanan yang kaya akan asam folat, karena berfungsi meningkatkan produksi sel darah merah. Anda bsia mengonsumsi makanan yang kaya asam folat atau bisa juga mengonsumsi suplemen asam folat.
Semoga informasi yang berjudul 7 Tips dan Cara Agar Terhindar dari Anemia saat Menstruasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tags : bolehkah minum obat penambah darah saat haid, pengaruh anemia terhadap menstruasi, cara mengatasi anemia karena haid, hubungan anemia dengan menstruasi, bolehkah minum sangobion saat datang bulan, ciri anemia akut, anemia mempengaruhi menstruasi, makanan penambah darah saat haid

Loading...

Baca Juga

7 Tips dan Cara Agar Terhindar dari Anemia saat Menstruasi
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar