Monday, April 3, 2017

Ternyata Ini 7 Penyebab Kaki Kram Pada Saat Tidur dan Cara Mengatasinya

Intipslagi - Pernahkah Anda merasakan kram pada kaki secara tiba-tiba saat tidur atau bangun tidur? Kram merupakan kontraksi atau menegangnya otot yang kuat secara tiba-tiba sehingga kondisi tersebut mengakibatkan rasa sakit yang luar biasa. Meski rasa sakit yang ditimbulkan hanya sementara dan akan menghilang dengan sendirinya, namun tetap saja kram saat tidur sangat menyiksa. Kram biasa menyerang area kaki, dari mulai paha, betis, telapak kaki dan bagian lainnya. Untuk itulah, kita wajib mengetahui apa sich penyebab kram dan bagaimana cara mengatasinya.
kram kaki saat tidur/http://www.italianosveglia.com

Penyebab kram kaki saat tidur

Sebenarnya penyebab kram kaki di malam hari tidaklah pasti, hanya saja umumnya disebabkan oleh kondisi tertentu, diantaranya adalah :

1.    Udara terlalu dingin

Udara dingin bisa menjadi salah satu penyebab kram pada kaki, oleh karena itu pastikan atur suhu AC kamar yang tepat agar tidak terlalu dingin. Selain itu, And absia menyiasatinya dnegan menggunakan selimut pada kaki atau kaus kaki. 

2.    Posisi tidur yang salah

Posisi tidur yang salah dapat menjadi penyebab kram kaki saat tidur, oleh karena itu pastikan tidur dalam posisi yang baik untuk kesehatan, mislanya : miring ke kanan.

3.    Kekurangan cairan/Dehidrasi

Kurangnya cairan tubuh juga bisa menjadi pemicu kaki kram saat tidur di malam hari, karena dehidrasi dapat menurunkan kinerja syaraf. Alas an itulah yang membuat Anda harus senantiasa memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

4.    Kehamilan

Kehamilan juga menjadi pemicu terjadinya kram kaki di malam hari, karena umumnya pada kehamilan trimester terakhir akan menyebabkan seseorang kekurangan magnesium dan kalsium sehingga rentan terserang kram. Oleh karena itu, penuhi kebutuhan nutrisinya.

5.    Kelelahan

Terlalu banyak beraktivitas tidka hanya membuat Anda kelelahan, tapi juga menyebbakan kram kaki di malam hari yang disebabkan otot kelelehan dan tegang. 

6.    Kekurangan mineral penting

Kekurangan mineral penting dapat memicu kram kaki di malam hari, oleh karena itu penuhi kebutuhan mineral harian kita, seperti : sodium, potassium, magnesium dan lainnya.

7.    Efek samping obat-obatan

Kram pada kaki juga bisa disebabkan karena efek samping dari obat-obatan yang kita konsumsi, seperti pil kontrasepsi, obat antipsikotik, diuretik, statin, dan steroid.

Cara Mengatasi Kaki Kram di malam hari

Jika Anda mengalami kram kaki secara tiba-tiba, Anda bisa mengatasinya dengan beberapa cara sederhana, berikut ini :
•    Lemaskan otot dengan peregangan ringan, misalnya gerakkan pelan-pelan agar otot menjadi rileks.
•    Lakukan pijatan pada bagian otot yang menegang.
•    Kompres dengan handuk yang sudha direndam dalam air panas
•    Minum cairan yang mengandung elektrolit untuk menghidrasi tubuh
•    Ganjal kaki menggunakan bantal saat tidur agar posisinya lebih tinggi sehingga mencegah terjadinya kram.
•    Penuhi kebutuhan nutrisi setiap hari, terutama mineral penting
•    Konsumsi obat-obatan pereda rasa sakit jika memang rasa sakit tersebut tidak segera mereda
Dengan mengetahui penyebab dan cara mengatasi kaki kram di malam hari, pastinya kita bisa melakukan langkah antisipasi agar tidak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Semoga bermanfaat yaa!
Tags : penyebab kram kaki pada ibu hamil, kaki sering kram gejala penyakit apa, kram betis kiri
cara mengatasi kram jari kaki, obat kram kaki, penyebab kaki sering kram dan kesemutan, kaki kram saat hamil 6 bulan, kram telapak kaki

Loading...

Baca Juga

Ternyata Ini 7 Penyebab Kaki Kram Pada Saat Tidur dan Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar