Saturday, April 1, 2017

Tips dan Cara Agar Anak Siap Lepas dari Diapers

IntipsLagi - Sudah besar, tapi masih belum bisa lepas dari diapers? Banyak orang tua mengeluh, karena anak-anaknya sulit lepas dari diapers, padahal harusnya di usia 2-3 tahun, mereka sudah harus dibiasakan memakai toilet. Namun sayangnya, kebiasaan menggunakan diapers membuat anak-anak zaman sekarang jadi malas dan susah sekali diajarkan memakai toilet. Meski sulit, namun bukan berarti kita bisa mengabaikan masalah ini, karena seperti yang kita tahu penggunaan diapers pada anak yang sudah besar dapat berbahaya, diantaranya : sebabkan ISK, anak jadi tidak mandiri, dan lainnya. Alasan itulah yang membuat para orang tua mau tidak mau kita harus tetap melepaskan anak dari diapers. Apa iya, Anda tega membiarkan anak-anak tergantung pada diapers selamanya? Nah, agar Anda tidak kesulitan menghadapi masalah ini, sebaiknya simak Tips dan Cara Agar Anak Siap Lepas dari Diapers, berikut ini :
gambar anak lepas dari diapers/replubika.co..id

Tanda-tanda Anak mulai siap lepas diapers

Sebelum memutuskan melepaskan anak dari diapers, sebaiknya kenali dulu tanda-tanda bahwa anak sudah siap lepas dari diapers, diantaranya :
•    Anak sering melepas sendiri diapersnya karena sebab tertentu, misalnya : penuh, kotor, atau yang lainnya
•    Anak minta ganti diaper karena merasa tidak nyaman
•    Anak sudah memperlihatkan ekspresinya saat hendak BAB/BAK
•    Bisa merasakan kebebasan ketika diapers dilepas dan tidak mau mengenakan diapers lagi

Tips dan Cara Agar Anak Siap Lepas dari Diapers

Ketika anak-anak sudah menunjukkan kesiapannya lepas dari diapers, bunda bisa mulai merencanakan kapan akan mulai membiasakan anak untuk memakai toilet. Jika Anda merasa bingung, simak langsung tips dan caranya berikut ini :

1.    Kenali isyarat saat anak hendak BAK

Untuk pertama kalinya, biasanya Anda sangat repot, karena harus menandai jadwal buang air kencing anak atau memahami isyarat saat anak hendak BAK, misalnya setiap 3 jam sekali atau biasanya tubuhnya agak bergetar seperti menahan kencing. Ketika itu terjadi, Anda bisa menggendongnya ke toilet untuk kencing. Jika anak merasa malas, cobalah siramkan air pada kakinya, dijamin mereka akan langsung kencing.

2.    Berikan reward atau pujian

Ketika anak berhasil menjalani toilet training, jangan lupa berikan reward atau pujian. Katakan bahwa dia anak yang hebat dan mintalah dia memberitahukan lagi jika ingin kencing.

3.    Beri pemahaman bahwa lepas dari diapers itu menyenangkan sekali

Anda bisa memberikan pemahaman pada anak bahwa lepas dari diapers itu menyenangkan sekali dan berikan contoh teman-temanya yang sudah mulai lepas dari diapers. Dijamin mereka akan terinspirasi dan mau berusaha lepas dari diapers.

4.    Kurangi pemakaian diapers

Ketika anak-anak sudah mulai mampu mengontrol BAB/BAKnya, Anda bisa mengurangi penggunaan diapers secara bertahap, misalnya gunakan saat anak bermain di siang hari dan saat tidur.

5.    Ajarkan kebiasaan baik agar tidak sampai ngompol

Sebelum tidur, ajarkan anak agar mau kencing lebih dulu agar tidak mengompol. Selain itu, biasakan anak tidak banyak minum sebelum tidur, agar tidak sering kencing.

6.    Jangan pernah memarahi anak

Anak-anak membutuhkan banyak waktu untuk menyesuaikan diri, karena itu hindari memarahi atau membentak anak karena dapat membuat mereka trauma atau putus asa sehingga tidak mau belajar.

7.    Gunakan perlak atau sprei anti air

Jika Anda mencoba melepaskan diapers anak saat tidur, jangan lupa menyiapkan perlak agar ketika anak ngompol tidak membasahi kasur.

8.    Dampingi anak dengan sabar dan telaten

Namnya anak-anak, seringkali menguras kesabaran. Namun begitu, Anda tetap harus mendampingi anak-anak dengan sabar dan telaten.
Dengan menerapkan beberapa cara yang disebutkan diatas, semoga anak Anda bsia berhasil lepas dari diapers. Semoga informasi yang berjudul Tips dan Cara Agar Anak Siap Lepas dari Diapers diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Tags : toilet training anak 2 tahun, umur berapa anak tidak memakai pampers, anak 4 tahun masih pakai pampers, anak 5 tahun masih pakai pampers, cara menghentikan pemakaian pampers, toilet, training pada anak usia 1-3 tahun, training pants, tahapan toilet training

Loading...

Baca Juga

Tips dan Cara Agar Anak Siap Lepas dari Diapers
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar