Wednesday, May 31, 2017

Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Tidak Sehat Ini Sering Dilakukan Saat Ramadhan

IntipsLagi - Puasa mengandung manfaat luar biasa, salah satunya menyehatkan tubuh, karena puasa memberi kesempatan pada organ tubuh untuk menata ulang fungsinya sehingga dapat memaksimalkan kinerjanya. Namun kenyataannya, pada saat puasa banyak orang yang secara sengaja atau tidak justru melakukan beberapa kebiasaan tidak sehat yang merugikan tubuh. Alangkah sayangnya jika manfaat sehat yang seharusnya kita dapatkan harus rusak akibat kebiasaan tidak sehat yang  kita lakukan sendiri.  Hem, kira-kira apa sajakah kebiasaan tidak sehat yang banyak dilakukan seseorang saat puasa? Agar lebih jelasnya, simak informasinya berikut ini : Puasa Bikin Kulit Kering dan Bersisik? Atasi Dengan 5 Cara Mudah Ini
kebiasaan tidak sehat/https://kissparry.wordpress.com/

1.    Konsumsi makanan manis berlebihan saat berbuka

Berbuka dengan yang manis memang disarankan karena membantu mengembalikan energy yang hilang setelah seharian berpuasa. Namun jika berlebihan tentu dapat berisiko mengakibatkan gula darah melonjak dan membuat Anda mudah mengantuk. Hindari 5 Makanan yang Bikin Cepat Haus dan Lemas Saat Puasa

2.    Makan dengan tergesa-gesa

Karena menahan lapar seharian, maka membuat kita kalap saat melihat makanan sehingga tanpa disadari justru tergesa-gesa dan tidak mengunyah dengan baik. Hal ini dapat berbahaya untuk kesehatan system penceraan kita.

3.    Makan gorengan saat berbuka

Selain miuman, saat berbuka kita juga pasti ingin ngemil bukan? Sayangnya diantara banyaknya cemilan sehat, kebanyakan orang justru memilih gorengan. Padahal kita tahu sendiri jika ngemil gorengan dan minum es saat berbuka dapat mengganggu kesehatan.

4.    Banyak minum air saat sahur

Kita wajib minum air cukup setiap hari agar tubuh terhidrasi. Namun saat puasa, kita tidak boleh minum air seharian penuh, sehingga untuk memenuhinya Anda jadi minum banyak air saat sahur.  Padahal minum air berlebihan dalam satu waktu justru kurang baik untuk kesehatan, karena pagi hari merupakan jam alami tubuh kita mengeluarkan kotoran. Sehingga yang terjadi kita jadi sering kencing dan hal ini justru memicu dehidrasi. Aturlah jadwal minum yang tepat dari mulai berbuka hingga sahur.

5.    Olahraga setelah berbuka

Karena puasa, jadwal olahraga jadi mundur, dank arena tak ingin meninggalkan shalat taraweh, maka sebagian orang memutuskan olahraga setelah berbuka puasa. Sebaiknya tunda, karena tubuh butuh waktu untuk mencerna makanan, jadi ketika dipaksakan olahraga justru bisa sebabkan masalah pencernaan.

6.    Langsung tidur setelah sahur

Tidur setelah sahur memang menggoda, tapi hal ini bisa bahayakan kesehatanmu, karena makanan belum selesai dicerna oleh tubuh. Kalaupun ingin tidur, pastikan 2 jam setelah makan sahur ya!

7.    Makanan asin saat sahur

Makanna asin/gurih memang menggugah nafsu makan, namun tahukah Anda jika makanan tinggi garam dapat memicu rasa haus saat siang hari. Yang benar adalah perbanyak konsumsi buah dan sayur agar tubuh terhidrasi dnegan baik.
Setelah mengetahui beberapa kebiasaan tidak sehat yang biasa dilakukan saat puasa diatas, masihkah Anda berani melakukannya?


Loading...

Baca Juga

Tanpa Disadari, 7 Kebiasaan Tidak Sehat Ini Sering Dilakukan Saat Ramadhan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar