Friday, September 15, 2017

Lakukan 5 Cara Sederhana Ini Untuk Mencegah Penyakit Katarak

IntipsLagi - Anda pasti pernah mendengar tentang penyakit katarak, bukan? Katarak merupakan salah satu penyakit kekeruhan pada lensa mata yang jika dibiarkan dapat berisiko sebabkan kebutaan. Katarak sendiri bisa menyebabkan penderita jadi tidak bisa melihat dengan jelas alias kabur akibat lensa mata yang keruh menghalangi cahaya mencapai retina. Umumnya katarak diderita oleh lansia, namun tidak menutup kemungkinan jika katarak juga bisa menyerang anak-anak dan orang yang masih muda. Penyakit katarak tidak bisa menular dan bisa disembuhkan melalui operasi. Meski begitu, ada beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk memperlambat terjadinya katarak. Kira-kira apa sajakah yang bisa kita lakukan untuk mencegah katarak? Agar lebih jelasnya, simak aja informasinya berikut ini:  Cara Sederhana Ini Bantu Meningkatkan Kolesterol Baik (HDL)
cegah katarak/http://zenski-magazin.com

1.    Menghindari paparan matahari langsung

Katarak bisa terjadi akibat terlalu lama memandang sinar matahari secara langsung, maka itu pastikan gunakan pelindung mata saat keluar rumah ya.. Sederhana, Tapi 5 Cara Ini Bikin Nyamuk Ogah Masuk Kamar

2.    Mencegah penyakit diabetes

Diabetes termasuk salah satu penyebab penyakit katarak, maka itu sebisa mungkin cegah penyakit diabetes  dengan beberapa cara, yakni : control kadar gula darah agar tetap normal, jaga berat badan, olahraga rutin, hindari kebiasaan tidak sehat, dan lainnya.

3.    Hindari kebiasaan tidak sehat

Ada beberapa kebiasaan tidak sehat yang meningkatkan risiko terkena katarak, diantaranya : mer0k0k, minum alkh0h0l dan konsumsi obat-obatan tertentu seperti inhalasi kortikosteroid, da beberapa kebiasaan buruk lainnya.

4.    Konsumsi makanan yang menutrisi mata

Ada beberapa jenis makanan yang bermanfaat menutrisi dan menyehatkan mata. Konsumsi secara rutin agar mata senantiasa sehat dan terhindar dari risiko penyakit katarak.

5.    Konsumsi alpukat secara rutin

Alpukat termasuk satu buah istimewa yang ampuh mencegah penyakit katarak, karena didalamnya terdapat kandungan zat lutein dan zeaxanthin, antioksidan yang berperan dalam menangkal pembentukan katarak. Lutein sendiri merupakan sejenis karotenoid yang membantu cegah kebutaan akibat katarak dan juga kerusakan retina mata. Sedangkan zeaxanthin sendiri juga merupakan antioksidan yang mencegah paparan radikal bebas yang berpotensi merusak mata.
Jika dengan cara sederhana diatas kita bisa mencegah penyakit katarak, masa iya kita akan mengabaikannya? Semoga mata kita senantiasa sehat dan bisa menikmati indahnya dunia sampai kapanpun.

Loading...

Baca Juga

Lakukan 5 Cara Sederhana Ini Untuk Mencegah Penyakit Katarak
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar