Monday, September 25, 2017

Waspada! Makan Pada Waktu Ini Dapat Sebabkan Kegemukan

IntipsLagi - Bagi Anda yang takut mengalami kegemukan, Anda tidak hanya wajib memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi tapi juga waktu makan, karena waktu juga dapat mempengaruhi berat badan Anda. Ada waktu tertentu yang seharusnya tidak diisi dengan makan, karena dapat meningkatkan berat badan alias sebabkan kegemukan dengan cepat. Mungkin tak semua dari Anda tahu, kapankah waktu yang sebaiknya tidak diisi dengan makan-makan? Waktu tersebut adalah menjelang tidur dan tengah malam. Lakukan 7 Kebiasan Agar Wajahmu Tidak Cepat Terlihat Tua 
waktu makan/http://www.istockphoto.com

Kenapa tidak boleh makan sebelum tidur ?

Makan menjelang atau mendekati waktu tidur dapat sebabkan massa tubuh dan presentase lemak jadi meningkat dibandingkan mereka yang makan minimal  3 jam sebelum tidur. Selain itu, asupan makanan yang dikonsumsi sebelum tidur dapat mengganggu kinerja hormone melatonin yang berfungsi untuk menjaga kualitas tidur. Ketika hormone terganggu maka system alami tubuh juga terganggu sehingga meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Namun jika terpaksa harus makan, sebaiknya konsumsi makanan yang sehat seperti : buah, yogurt dan lainnya. Ini 5 Hal yang Terjadi Pada Tubuhmu Akibat Kolesterol Tinggi

Ini alasan tidak boleh makan tengah malam

Bagi Anda yang suka begadang, pastilah sulit menghindari kebiasaan makan tengah malam. Padahal kebiasaan ini dapat sebabkan kegemukan lebih cepat, karena makan di malam hari menyebabkan tubuh menyimpan kalori dalam bentuk lemak dan tidak melakukan pembakaran sehingga dapat sebabkan kenaikan berat badan lebih cepat.

Lalu, Jam Berapakah Waktu yang Terbaik untuk Makan Malam?

Bagi Anda yang tengah menjalani program penurunan berat badan, sebaiknya makan malam paling lambat pukul 8 atau 3 jam sebelum tidur. Jangan langsung tidur setelah makan karena sebabkan asam lambung naik. Selain itu, pilih makanan yang sehat, diantaranya : mengandung serat, tidak pedas, tidak berlemak, tidak mengandung kafein, dan tidak berlebihan.

Kerugian akibat makan terlalu malam atau menjelang tidur

Selain sebabkan kegemukan, ternyata makan terlalu malam atau menjelang tidur dapat sebabkan beberapa kerugian terhadap kesehatan, diantaranya adalah :
•    Gangguan asam lambung atau GERD, akibat asam lambung naik ke esofagus sehingga sebabkan rasa panas atau sensasi terbakar pada sekitar dada.
•    Insomnia atau susah tidur, terutama ketika mengonsumsi makanan yang mengandung kafein, alkh0h0l dan lainnya.
•    Sakit perut/diare, biasanya akibat mengonsumsi makanan pedas sebelum tidur
Setelah mengetahui kenyataan diatas, pastinya Anda akan lebih bijak lagi ketika mengonsumsi makanan pada malam hari.


Loading...

Baca Juga

Waspada! Makan Pada Waktu Ini Dapat Sebabkan Kegemukan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar