Wednesday, November 29, 2017

Badan Nyeri-Nyeri Saat Udara Dingin, Ini Cara Mengatasinya

IntipsLagi - Banyak yang mengeluh kalau badannya terasa nyeri saat udara dingin, terutama pada orang dewasa. Cuaca yang dingin ekstrim memang membuat tubuh jadi nggak nyaman karena ada saja masalah kesehatan yang muncul, salah satunya rasa ngilu pada tubuh. Memang sich,  masalah badan nyeri saat cuaca dingin ini masih jadi perbincangan di dunia medis, namun beberapa ahli meyakini jika memang ada hubungan antara gangguan cuaca dan munculnya nyeri sendi.  Rasa ngilu pada tulang atau persendian saat cuaca dingin terjadi karena adanya perubahan tekanan udara atau yang biasa disebut sebagai barometric pressure. Curiga Suami Lagi Berselingkuh? Lakukan 6 hal Penting Ini
badan nyeri saat dingin/http://picssr.com
Tekanan udara sendiri merupakan massa udara yang mengelilingi kita, jadi ketika tekanan udara menurun maka akan sebabkan jaringan tuuh mengembang atau membengkak yang pada akhirnya mengakibatkan desakan pada ruang sendi. Nah, kondisi inilah yang menjadi sebab musabab rasa ngilu pada persendian. Namun tak semua orang merasakan perubahan tersebut, kecuali bagi mereka yang peka terhadap rangsangan, seperti : penderita arthritis karena saraf mereka lebih peka ketika ada cedera, peradangan, pembengkakan dan perubahan lainnya. Mereka ini akan merasakan ngilu atau nyeri pada saat cuaca dingin. Kulit Lebih Cerah dan Bebas Jerawat dengan Masker Belimbing Wuluh
Selain itu, ada juga teori yang menyebutkan jika rasa nyeri pada tubuh saat cuaca dingin disebabkan karena menyempitnya pembuluh darah akibat berada di tempat yang bersuhu rendah. Nah, menyempitnya pembuluh darah inilah yang mengakibatkan penurunan aliran darah ke bagian ekstremitas sehingga menyebabkan kulit jadi kaku dan mengakibatkan banyak tekanan pada bagian saraf yang sensitive.

Cara Mencegah dan Mengatasi Badan ngilu saat cuaca dingin

Jika Anda termasuk yang gampang sekali merasakan nyeri dan skait semua saat cuaca dingin, sebaiknya lakukan beberapa hal sederhana untuk mencegah dan mengatasi rasa nyeri saat udara dingin, diantaranya adalah :

•    Gunakan pakaian tebal

Pakaian tebal tidak hanya melawan dingin tapi juga membuat Anda merasa nyaman dan tetap hangat sehingga nyeri tubuh bisa dihindari.

•    Gunakan kaus kaki saat tidur

Bagian tubuh yang paling sensitive saat cuaca dingin adalah kaki, maka itu tak heran jika kaki sering terasa sakit semua. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan kaus kaki saat tidur dan beraktivitas di cuaca dingin.

•    Hindari penggunaan kipas angin/AC

Sementara waktu, jangan gunakan kipas angin atau AC, karena bisa jadi malah memperburuk kondisi Anda. Jika ada, lebih disarankan menggunakan penghangat ruangan.

•    Aktif bergerak

Cuaca dingin bukan berarti membuat Anda harus bermalas-malasan, tapi tetaplah aktif bergerak agar tubuh membakar kalori sehingga suhu tubuh tetap terasa hangat. Selain itu, aktif bergerak juga membantu melemaskan sendi yang kaku.

•    Minuman penghangat tubuh

Saat cuaca dingin, Anda bisa minum minuman penghangat tubuh, seperti : wedang ronde, tawwa dan lainnya. Dijamin dech, badan terasa segar dan hangat.

•    Minum obat pereda nyeri

Jika rasa ngilu terasa sangat menyiksa, Anda bisa minum obat pereda nyeri yang dianjurkan oleh dokter.

•    Segera konsultasi ke dokter

Jika rasa ngilu berlangsung lama dan tak kunjung sembuh atau justru disertai gejala lain yang serius, maka segera periksakan diri ke dokter.
Semoga informasi yang berjudul Badan Nyeri-Nyeri Saat Udara Dingin, Ini Cara Mengatasinya diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tags : tulang terasa ngilu saat dingin, nyeri otot karena kedinginan, obat tulang dingin, dingin sampai ke tulang, tulang kaki dan tangan terasa ngilu, sakit perut karena udara dingin, nyeri punggung saat dingin, penyebab tulang kaki terasa dingin

Loading...

Baca Juga

Badan Nyeri-Nyeri Saat Udara Dingin, Ini Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar