Wednesday, December 27, 2017

Sering Mengalami Nyeri Punggung dan Bahu? Ini 8 Penyebab yang Wajib diwaspadai

IntipsLagi - Sedang asyik beraktivitas atau mungkin lagi asyik duduk santai, tapi mendadak punggung terasa nyeri. Rasa nyeri awalnya ringan, namun ketika dibiarkan justru semakin parah dan membuat Anda merasa tidak nyaman. Struktur tulang daerah punggung atas, bahu dan tulang belikat memang cukup kompleks sehingga rendan mengalami cidera. Terlebih ada banyak sekali aktivitas keseharian yang mengakibatkan ketegangan otot sekitar bahu, dari mulai mengangkat barang, main gadget, mengerjakan tugas rumah tangga dan masih banyak yang lainnya. Beberapa aktivitas tersebut membuat area tangan dan bahu hingga punggung mendapatkan tekanan sehingga berpotensi mengalami nyeri.  Ketika rasa nyeri bisa disembuhkan dengan istirahat atau mengurangi tekanan, maka kita tidak perlu khawatir. Yang perlu diwaspadai adalah ketika rasa nyeri punggung dan bahu tersebut seringkali kambuh atau tak kunjung mereda. Sering Kesemutan Saat Duduk Terlalu Lama? Jangan-Jangan…
nyeri punggung/http://www.dietaja.org
Ada banyak sekali penyebab nyeri punggung yang patut diwaspadai, diantaranya adalah :

1.    Radang Sendi (Arthritis)

Arthritis merupakan penyebab utama nyeri bahu. Penyakit ini menyebabkan disfungsi pada tulang rusuk bagian belakang dan punggung atas sehingga menimbulkan rasa nyeri. Ini Dia Tujuh Penyebab Badan Pegal-Pegal Setiap Bangun Tidur

2.    Akibat cedera atau trauma

Pernah mengalami cedera atau trauma merupakan penyebab nyeri punggung yang patut diwaspadai, karena seringkali kambuh terutama ketika mendapatkan tekanan. Oleh karen aitu, segera lakukan terapi atau pengobatan agar cepat sembuh.

3.    Osteoporosis

Osteoporosis merupakan penyakit yang mengakibatkan berkurangnya kepadatan tulang. Ketika hal ini terjadi, maka akan berisiko sebabkan bahu terasa nyeri.

4.    Mengalami Kram Otot

Kram otot dapat menyebabkan rasa nyeri yang parah pada bahu atau tulang belikat. Maka itu, pastikan beristirahat untuk memulihkan kondisi Anda. Jika perlu, lakukan terapi atau pemeriksaan khusus.

5.    Tendonitis

Nyeri punggung bagian atas juga bisa terjadi akibat tendonitis. Jika kondisi ini terjadi, pastikan segera periksakan diri ke dokter agar mendapatkan penanganan.

6.    Penyakit Jantung

Rasa nyeri bahu yang tajam hingga menjalar ke punggung bisa disebabkan karena diseksi aorta yang merupakan salah satu gejala penyakit jantung, sehingga Anda tidak boleh mengabaikannya.

7.    Stres yang Berlebihan

Seseorang dalam kondisi stress fisik atau psikologis berlebihan umumnya akan mengalami nyeri punggung bagian atas. Maka itu, usahakan untuk mengelola stress dengan bijak.

8.    Posisi Tubuh yang Salah

Nyeri tubuh yang parah juga bisa disebabkan karena posisi tubuh yang salah, mislanya : saat duduk, berdiri, tidur, dan lainnya.
Delapan penyebab nyeri punggung atau bahu diatas harusnya membuat Anda semakin tahu bagaimana cara menghindarkan diri dari masalah yang membuat tubuh tidak nyaman. Semoga bermanfaat!

Tags : nyeri punggung tengah, punggung sakit sebelah kiri, nyeri punggung atas, sakit punggung sebelah kanan, sakit punggung bawah, penyebab sakit tulang belakang bagian pinggang, sakit pundak, obat sakit punggung di apotik

Loading...

Baca Juga

Sering Mengalami Nyeri Punggung dan Bahu? Ini 8 Penyebab yang Wajib diwaspadai
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar