Tuesday, January 30, 2018

Penting! Hindari 9 Makanan Ini Saat Menstruasi

IntipsLagi - Menjelang menstruasi, umumnya wanita akan mengalami beberapa hal yang tidak mengenakkan, dari mulai perut kram, badan sakit semua, gampang marah, jerawat dan masih banyak yang lainnya. Hal ini wajar, karena saat menstruasi merupakan proses luruhnya lapisan dinding rahim yang mengandung pembuluh darah serta sel telur yang tidak dibuahi. Gangguan menjelang menstruasi atau yang dikenal sebagai PMS (pre-menstruation syndrome) ini bisa dibilang wajar untuk wanita usia produktif karena memang disebabkan karena perubahan hormonal yang berhubungan dengan siklus saat ovulasi dan haid. PMS ini akan menghilang dengan sendirinya setelah menstruasi dimulai hingga beberapa hari setelah selesai haid. Meski penyebab PMS ini belum jelas, namun makanan termasuk salah satu faktor yang meningkatkan risiko terjadinya PMS. Oleh karena itu, agar kondisi Anda tidak makin memburuk saat menstruasi, pastikan jaga pola makan sehat.  Cegah Noda Hitam Akibat Gigitan Nyamuk Dengan 8 Bahan Ini
makanan saat haid//titiknol.co.id
Selain wajib mengonsumsi makanan bernutrisi, kita juga dianjurkan menghindari beberapa makanan yang berpotensi memperberat gejala PMS, diantaranya : Kenali 5 Tanda Penyakit Berbahaya Lewat Perubahan Warna Kulitmu

1. Makanan olahan

Makanan olahan termasuk makanan yang wajib dijauhi selama menstruasi. Hal ini karena kandungan minyak dan gula tinggi didalamnya yang dapat memperparah perut kembung pada wanita menstruasi.

2. Kafein

Makanan atau minuamn yang mengandung kafein tinggi juga patut dihindari sementara waktu karena memicu tekana darah tinggi sehingga sebabkan beberapa gangguan, seperti : gelisah, dehidrasi dan gangguan tidur.

3. Daging merah

Daging mengandung lemak jenuh yang dapat sebabkan perut kram, kembung dan jerawat. Oleh karena itu, sebaiknya dihindari sementara waktu saat menstruasi.

4. Makanan mengandung lemak trans

Makanan mengandung lemak trans, seperti : kripik, biscuit, burger, kentang goring dan lainnya juga wajib dihindari karena dapat mempengaruhi hormone dan menyebabkan kran perut.

5. Alk0h0l

Minuman mengandung alk0h0l juga wajib dihindari karena dapat memperburuk gejala menstruasi.

6. Makanan asin

Makanan lain yang harus dihindari adalah makanan yang mengandung garam tinggi, karena dapat memicu perut kembung, dehidrasi bahkan kulit berminyak/berjerawat.

7. Biji-bijian

Biji-bijian memang sehat, tapi harus dihindari selama menstruasi karena dapat sebabkan perut kembung dan konstipasi. Jika memang ingin makan biji-bijian, sebaiknya pilih yang menmiliki GI yang rendah sehingg menjaga system pencernaan dan mengenyangkan.

8. Makanan manis

Saat menstruasi, wanita mengalami perubahan hormone yang membuat kadar gula darah menjadi tidak stabil. Untuk itulah, sebaiknya hidnari makanan yang terlalu manis agar kondisi Anda tidak memburuk.

9. Makanan pedas

Makanan pedas juga dianjurkan untuk dihindari selama menstruasi, karena dapat memicu beberapa masalah, seperti : hot flashes, siklus menstruasi tertunda, jerawat hingga peradangan kulit, serta mengganggu perut.
Hem, ternyata ada beberapa jenis makanan yang wajib dihindari selama menstruasi agar kondisi Anda tidak semakin memburuk. Semoga informasi diats dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tags : buah buahan yang harus dihindari saat haid, buah yang tidak boleh dikonsumsi saat haid, buah yg tidak boleh dimakan ketika haid, efek makan semangka saat haid, minuman yang baik saat haid makanan yang dianjurkan saat menstruasi, minuman yg dihindari saat haid, makan nanas saat haid

Loading...

Baca Juga

Penting! Hindari 9 Makanan Ini Saat Menstruasi
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar