Friday, September 18, 2015

8 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan dan Menyehatkan Rahim

Hampir semua pasangan akan merasa cemas, ketika sudah lama menikah namun tak kunjung dikaruniai momongan. Kebanyakan mata akan memandang wanita sebagai penyebab sulitnya memiliki keturunan, padahal tidak semua benar, karena lelaki juga bisa mengalami masalah kesuburan. Ternyata ada banyak hal yang menjadi pemicu masalah kesuburan, diantaranya :
•    Pada wanita, diantaranya : usia, terlalu lama menunda kehamilan, stress, Endometriosis, obesitas, masalah Rahim, dan lain sebagainya.
•    Pada laki-laki, diantaranya : Gangguan hormonal, genetik, sumbatan saluran sperma, impotensi, obat-obatan dan lain sebagainya.
Hamil/hamil.co.id


Karena wanita yang seringkali menjadi kambing hitam sulitnya memiliki keturunan, maka kali ini kita akan membahas masalah kesuburan pada wanita. Masalah kesuburan pada wanita tidak hanya mengganggu kesehatan, tapi juga hubungan suami istri. Sudah banyak contoh keluarga yang bercerai hanya karena tidak kunjung dikaruiai keturunan. Para wanita tidak perlu putus asa, apalagi jika secara medis, dokter sudah menyatakan kalau tidak ada masalah apapun pada Anda maupun suami. Lalu bagaimana jika kehamilan tetap tak kunjung datang? Anda bisa mengonsumsi makanan peningkat kesuburan dan menyehatkan Rahim, berikut ini : 

Karbohidrat kompleks   

Mengganti karbohidrat olahan dengan karbohidrat kompleks adalah hal yang baik bagi kesehatan dan juga kesuburan, karem karbohidrat olahan meningkatkan kadar gula darah dan insulin. Kondisi tersebut dapat berpengaruh pada hormone reproduksi sehingga pembuahan menjadi terhambat. Diantara jenis karbohidrat kompleks adalah : biji-bijian, pisang, jagung, kentang, kacang-kacangan, labu, dan lain sebagainya. 

Susu dan produk susu

Kandungan kalsium dalam susu dan produk olahannya sangat bagus bagi wanita, baik dalam semua tahap kehidupannya. Kalsium sangat penting untuk wanita yang mendambakan kehamilan karena dapat meningkatkan kesuburan dan membantu system reproduksi agar lebih optimal. Diantara sumber kalsium yang bisa dikonsumsi, antara lain : susu, yogurt, keju, dan lainnya. 

Makanan kaya Vitamin E

Makanan yang kaya akan Vitamin E sangat bagus untuk menjaga kualitas sel telur dan menjaga kesehatan Rahim. Diantara sumber vitamin E dalam makanan, yakni : biji matahari, bayam, brokoli, paprika merah, sawi, almond, dan lain sebagainya. 

Makanan yang mengandung Protein dan zat besi

Makanan kaya protein dan zat besi sangat bagus untuk membantu meningkatkan kualitas sel telur dan menyehatkan Rahim. Selain itu, makanan ini juga penting dikonsumsi untuk mempersiapkan kehamilan yang sehat. Wanita yang kekurangan zat besi dapat menyebabkan kemandulan, oleh karena itu, pastikan penuhi kebutuhan nutrisi harian Anda ya. Diantara makanan yang kaya protein dan zat besi adalah : daging ayam, daging sapi, bayam, ikan, dan lain sebagainya. 

Makanan yang Mengandung Kholin

Makanan mengandung kholin sangat bagus untuk wanita, karena dapat meningkatkan kesuburan organ reproduksi wanita. Kholin dibutuhkan wanita sebelum maupun saat menjalani kehamilan, karena kholin berkhasiat meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap asam folat, dimana kita semua tahu akan pentingnya asam folat selama tahap prakonsepsi dan trimester pertama kehamilan. Sumber makanan yang mengandung kholin, antara lain : telur, daging sapi, hati ayam, kacang kedelai, brokoli, bayam, oatmeal, dan lainnya.
Buku " Ya Allah, Berikan Kami Keturunan! Sangat cocok untuk Pendamba Kehamilan"

Kacang-kacangan dan biji-bijian

Kacang-kacangan dan biji-bijian kaya akan serat yang lambat dicerna tubuh sehingga membantu meningkatkan kesuburan wanita dan kandungan asam lemak omega 3 didalamnya juga membantu mengatur hormon reproduksi. Selain itu, antioksidan dalam kacang dan biji-bijian juga membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menghilangkan radikal bebas.

Buah dan sayuran berwarna cerah

Buah-buahan berwarna cerah sangat kaya akan nutrisi yang penting dikonsumsi selama masa prakonsepsi, karena  kandungan antioksidannya membantu melindungi sel-sel  tubuh dari kerusakan maupun penuaan yang dapat mempengaruhi kesuburan.Selain itu, buah dan sayuran cerah mengandung asam folat dan zat besi yang bagus untuk meningkatkan kesuburan.

Makanan yang mengandung lemak baik

Makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 dan lemak tak jenuh sangat direkomendasikan pada wanita yang mendambakan kehamilan, karena bermanfaat mengurangi peradangan dan meningkatkan kinerja insulin. Selain itu asam lemak juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas sel telur sehingga bagus untuk kesuburan wanita. Diantara makanan sumber lemak baik, antara lain : ikan laut, minyak zaitun, alpukat, sayuran hijau, dan lain sebagainya.
Dengan mengonsumsi makanan sehat diatas disertai pola hidup sehat dan doa, semoga impian Anda untuk mendapatkan kehamilan bisa segera terwujud.

Loading...

Baca Juga

8 Makanan untuk Meningkatkan Kesuburan dan Menyehatkan Rahim
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar