Wednesday, November 18, 2015

10 Makanan yang Berkhasiat Mencegah dan Melawan Kanker

Kanker termasuk satu penyakit berbahaya dan mematikan kedua setelah penyakit jantung. Penyakit kanker bisa mengancam siapa saja tanpa pandang usia. Meskipun penyakit kanker tidak menular, namun kita semua patut mewaspadainya. Karena jika sudah terkena kanker, maka berbagai pengobatan mahal wajib dilakukan agar peluang untuk sembuh bisa lebih besar.  Meskipun saat ini sudah banyak teknologi pengobatan yang canggih untuk mengatasi kanker, namun dari semuanya itu tetap saja memiliki kelemahan. Oleh karena itu, upaya pencegahan tetap jauh lebih baik agar sel kanker tidak bersarang dan menggerogoti tubuh kita.
buah berry (gambar dari : soktau.com)
Selain olahraga dan menjalani gaya hidup sehat, Anda bisa rutin mengonsumsi beberapa makanan yang berkhasiat sebagai anti kanker. Ingin tahu, apa sajakah makanan  yang membantu mencegah dan mengobti kanker? Simak 10 Makanan yang Berkhasiat Cegah Kanker berikut ini :

1.    Alpukat

Buah alpukat termasuk buah terbaik yang ampuh mencegah pertumbuhan sel kanker. Kandungan  glutathione, antioksidan terkuat dalam buah alpukat ampuh menangkal radikal bebas dalam tubuh. (Awas, Kebiasaan Membunyikaan Tulang dapat Sebabkan Stroke)

2.    Rumput laut

Tanaman laut mengandung banyak nutrisi penting, antara lain : protein, betacaroten, serat, klorofil dan asam lemak yang berkhasiat melawan sel kanker. (Rahasia Keajaiban Air Liur untuk Kesehatan)

3.    Produk Kedelai

Produk olahan kacang kedelai mengandung pitosteron yang bermanfaat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker payudara.  (Kesalahan Mengolah Sayuran yang Sebabkan Kanker)

4.    Teh hijau

Teh hijau mengandung antioksidan polyphenol yang bermanfaat mencegah pembelahan sel-sel kanker. (Bersihkan Racun Udara dnegan 8 Tanaman Hias Ini)

5.    Tomat

Tomat mengandung Vitamin C tinggi dan Lycopen, antioksidan untuk menanagkal radikal bebas penyebab kanker. Kandungan antioksidan dalam tomat akan semakin meningkat jika direbus terlebih dahulu.

6.    Buah Berry

Buah Berry mengandung senyawa penting, seperti : vitamin C, Vitamin K, serat dan mangan yang bermanfaat untuk mencegah kanker.

7.    Kunyit

Kunyit termasuk satu bahan makanan yang mengandung senyawa anti knker. Selain bisa digunakan sebagai bumbu masakan, Anda bisa menjadikannya sebagai minuman sehat.

8.    Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa yang berkhasiat menghambat pertumbuhan sel kanker. Anda bisa menggunakan bawang putih sebagai lalapan atau bumbu masakan.

9.    Brokoli

Brokoli mengandung komponen kimia bernama indole-3-carbinol (I3C), dimana zat ini sangat berkhasiat melawan kanker payudara. Selain itu, bagian kecambah brokoli mengandung Sulforaphane yang ampuh menonaktifkan zat karsinogen dan juga radikal bebas.

10.    Anggur Merah

Anggur merah mengandung bioflavonoid yang merupakan antioksidan pencegah kanker. Selain itu, dalam anggur juga terkandung polyphenol yang melindungi tubuh dari serangan kanker.
Selain makanan yang disebutkan diatas, mungkin masih banyak makanan lainnya yang mengandung zat anti kanker. Semoga informasi yang berjudul 10 Makanan yang Berkhasiat Cegah Kanker diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Loading...

Baca Juga

10 Makanan yang Berkhasiat Mencegah dan Melawan Kanker
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar