Friday, December 25, 2015

Bahan Makanan yang Terlindung dari Paparan Pestisida

Intipslagi - Pestisida banyak digunakan petani untuk menjaga kualitas buah dan sayuran dari serangan hama dan penyakit tanaman. Meski begitu, buah dan sayuran yang terpapar residu pestisida dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan. Mungkin dampak yang ditimbulkan tidak secara langsung, namun bahaya yang ditimbulkannya akan berdampak jangka panjang, misalnya   tumor, kanker, dan penyakit kronis lainnya. Meskipun kebanyakan buah dan sayuran rentan tercemas residu pestisida, namun bukan berarti Anda takut untuk mengonsumsinya, karena ternyata ada beberapa bahan makanan yang aman dan terlindung dari pestisida.
Hem, kira-kira apa sajakah bahan makanan yang aman dan terlindung dari paparan pestisida? Simak informasi Bahan Makanan yang Terlindung dari Paparan Pestisida berikut ini :

Jagung manis

Untuk mendapatkan kualitas baik, jagung membutuhkan pupuk, meski begitu kulit jagung  memiliki lapisan kernel yang membuat tongkol jagung terlindung dari paparan residu pestisida.

Bawang merah

Bawang merah termasuk satu  bahan makanan yang aman dari pestisida, karena tanaman ini  tidak menarik bagi hama. Meski begitu, pilihlah bawang merah yang berkulit mulus dan tidak ada bintik hitam ada umbinya.

Alpukat

Alpukat memiliki kulit yang tebal sehingga mampu melindungi dagingnya dari paparan residu pestisida. Meski begitu, pastikan mencuci buah alpukat hingga bersih sebelum menikmatinya.

Kubis

Kubis termasuk sayuran yang kaya akan nutrisi penting dan yang pasti, sayuran satu ini aman dari paparan residu pestisida, karena tanaman ini tidak terlalu membutuhkan penyemrotan pestisida.

Terung

Terung memiliki kulit pelindung yang lumayan tebal sehingga mampu melindungi dari paparan pestisida.

Buah-buahan tropis

Buah-buahan tropis bisa dikatakan aman dan terlindung dari paparan pestisida, diantaranya  pepaya, nanas, durian, kiwi, pisang, dan lain sebagainya.

Cara Menghilangkan Pestisida dari Buah dan Sayuran

Buah dan sayuran mengandung zat-zat  penting yang bermanfaat untuk kesehatan. Meski begitu, pastikan Anda mencuci bersih buah dan sayuran sebelum dimasak. Agar buah dan sayuran bebas dari residu pestisida, simak cara  mencuci yang benar berikut ini :
1.    Cuci sayuran terlebih dahulu sebelum dipotong
2.    Gunakan larutan cuka untuk merendam sayur dan buah-buahan
3.    Gunakan air mengalir untuk membil as buah dan sayuran
4.    Mengupas buah atau sayuran agar sisa pestisida tidak ikut masuk ke perut
Hanya karena takut paparan pestisida, bukan berarti Anda musti takut apalagi menghindari mengonsumsi buah dan sayuran. Semoga informasi diatas data bermanfaat bagi kita semua.
                                      

Loading...

Baca Juga

Bahan Makanan yang Terlindung dari Paparan Pestisida
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar