Thursday, January 28, 2016

Sebal dengan Jamur Kuku? Kenali Penyebab dan cara Mengatasinya

Intips Lagi - Memiliki kuku yang bersih, indah dan terlihat sehat pasti menjadi dambaan semua orang. Sayangnya, karena beberapa sebab, kuku menjadi bermasalah, seperti : gatal, menguning, rapuh, menebal, hancur, dan lain sebagainya. Penyebab masalah kuku tersebut adalah jamur kuku atau yang dalam bahasa medis disebut onikomikosis. Meskipun kuku termasuk anggota tubuh yang bisa disembunyikan, namun jangan pernah mengganggap sepele masalah jamur kuku, karena infeksi bisa semakin menyebar pada jari kaki. Hem, agar lebih jelas mengenai jamur kuku, ada baiknya Anda menyimak kelanjutan artikel yang berjudul “Sebal dengan Jamur Kuku? Kenali Penyebab dan cara Mengatasinya” ini. 

Penyebab Jamur Kuku

Dibandingkan menyerang jari tangan, jamur kuku lebih suka menyerang jari kaki. Hal itu karena aliran darah pada jari kaki lebih kecil dibandingkan jari tangan, sehingga sistem imunitas tubuh agak sulit mendeteksi adanya infeksi di area kaki dnegan cepat. Masalah pada kuku biasanya disebabkan beberapa jenis jamur, antara lain : jamur dermatofit dan jamur candida. Jamur tersebut lebih mudah berkembang biak dalam kondisi gelap, lembab atau hangat, misalnya : jarang ganti kaus kaki, kurang menjaga kebersihan kaki, sepatu dari bahan yang panas/tidak menyerap keringat, penggunaan kosmetik kuku, penyakit diabetes, dan lainnya.

Cara Mengobati Jamur kuku

Tidak perlu pusing ketika kaki terkena jamur kuku, karena ada banyak cara sederhana dan mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi jamur kuku, diantaranya :
1.    Potong kuku secara rutin untuk mengurangi infeksi jamur
2.  Hindari menggaruk kulit sekitar kuku yang gatal, karena dapat memicu penyebaran jamur dan menyebbakan infeksi kulit
3.    Rendam kaki ke dalam air garam hangat, gosok perlahan menggunakan sikat lembut
4.   Setelah dikeringkan, Anda bisa menggosokkan lotion atau salep anti jamur pada kuku.  Pastikan kaki selalu kering dan bersih ya..
5.    Jika kaki sering berkeringat, Anda bisa membubuhkan bedak tabur agar kaki tidak lembab
Setelah kuku terbebas dari masalah jamur kuku, pastikan untuk mempertahankan pola hidup sehat dan jaga kebersihan kaki serta kuku. Semoga informasi yang berjudul Sebal dengan Jamur Kuku? Kenali Penyebab dan cara Mengatasinya diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Baca Artikel Keren Lainnya 

Ketahui Jadwal Tubuh Membuang Racun
Cara Alami dan Cepat Haluskan Tumit Pecah-Pecah
Cara Alami Mengatasi Jerawat Batu dan Bekasnya Dengan Mudah
9 Kebiasaan yang Membuat Rambut Susah Panjang
Kenali 5 Ciri-Ciri Urine Ginjal yang Bermasalah

Loading...

Baca Juga

Sebal dengan Jamur Kuku? Kenali Penyebab dan cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar