Sunday, September 17, 2017

Mengenal Penyakit Lupus dan Cara Mencegah Penyakit Lupus

IntipsLagi - Berita tentang Artis cantik Selena Gomez yang tengah mengidap penyakit lupus banyak menyita perhatian, karena memang tak banyak yang tahu apa sich penyakit lupus itu? Penyakit lupus merupakan satu penyakit autoimun yang bisa menyerang seluruh organ tubuh. Penyakit lupus bisa dikatakan mematikan, bahkan setara dengan kanker karena system kekebalan tubuh atau antibody yang seharusnya melindungi tubuh dari bakteri dan virus justru berbalik menyerang sel-sel dan juga jaringan tubuh yang sehat. Hal ini disebbakan karena produksi antibody yang tidak normal pada penderita penyakit lupus. Penyakit lupusini bisa menyerang siapa saja tanpa pandang bulu, namun terbanyak penderitanya adalah wanita yang berusia 15 – 45 tahun, sedangkan lupus pada laki-laki umumnya terjadi pada usia sebelum pubertas  atau diatas usia 50 tahun. Lakukan 5 Cara Sederhana Ini Untuk Mencegah Penyakit Katarak
penyakit lupus/http://www.elancasti.com.ar

Gejala penyakit lupus

Gejala penyakit lupus seringkali tidak terdeteksi sehingga menyebabkan kebanyakan penderita tak menyadari bahwa ia tengah menderita penyakit lupus. Alasan inilah yang membuat penanganan penyakit lupus jadi terlambat. Selain itu, penyakit lupus juga memiliki gejala yang seringkali mirip dengan penyakit lain atau bahkan tidak sama antara satu penderita dengan penderita lainnya sehingga tak heran jika penyakit ini disebut sebagai penyakit seribu wajah. Beberapa gejala penyakit lupus yang seringkali timbul, antara lain : nyeri pada persendian, ruam merah di kulit, bercak merah mirip kupu-kupu di wajah, rambut rontok, sering sariawan, ujung jari berwarna pucat kebiruan, berat badan menurun, anemia, sensitive terhadap sinar matahari, dan lainnya.  Cara Sederhana Ini Bantu Meningkatkan Kolesterol Baik (HDL)

Penyebab penyakit lupus

Meski penyebab pastinya belrum diketahui, namun penelitian menyebutkan jika lupus  terjadi akibat beberapa kombinasi beberapa factor, baik dari dalam dan luar tubuh, termasuk genetika, hormone maupun lingkungan.

Apakah lupus bisa disembuhkan?

Banyak yang bertanya, apakah penyakit lupus bisa disembuhkan? Ternyata hingga kini belum ada obat khusus untuk penderita lupus, namun dengan perawatan intensif bisa membantu  mengendalikan gejala penyakit yang muncul bahkan pemeriksaan secara rutin akan membuat Odapur (orang dengan penyakit  lupus) bsia hidup layaknya orang normal. Biasanya dokter akan melakukan terapi khusus untuk meringankan tingkat gejala, meminimalkan dampaknya dan juga mencegah kerusakan organ tubuh. Keterlambatan penannganan pada penderita lupus dapat berisiko sebabkan komplikasi serius seperti pada : jantung, ginjal, sebabkan penggumpalan darah hingga kematian.

Upaya mencegah penyakit lupus

Mengingat bahayanya penyakit lupus, pastilah kita ingin terhindar dari penyakit mematikan ini. Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mencegah penyakit lupus, diantaranya :
1.    Hindari kebiasan hidup tidak sehat, seperti : begadang, mer0k0k, minum minuman keras dan lainnya
2.    Hindari stres dan terapkan pola hidup sehat
3.    Kurangi kontak langsung secara berlebihan dengan sinar matahari
4.    Lakukan olah-raga secara teratur
5.    Lakukan diet nutrisi
Sudah paham khan, apa itu penyakit lupus dan bagaimana upaya pencegahan yang bisa kita lakukan? Semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tags : pengobatan lupus, bahaya penyakit lupus, penyakit lupus menular, obat penyakit lupus, gambar penyakit lupus, pencegahan penyakit lupus, penyembuhan penyakit lupus, apakah penyakit lupus bisa disembuhkan

Diolah dari beberapa sumber

Loading...

Baca Juga

Mengenal Penyakit Lupus dan Cara Mencegah Penyakit Lupus
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar