Wednesday, November 1, 2017

7 Cara Alami Bantu Keluarkan Dahak Membandel

IntipsLagi - Anda pernah mengalami batuk berdahak? Batuk berdahak merupakan satu kondisi dimana seseorang mengalami batuk akibat dahak  yang berlebihan dalam paru-paru akibat terjadi infeksi. Dahak sendiri merupakan cairan kental yang berwarna hijau kekuningan seperti ingus yang berasal dari dalam paru-paru. Masalah batuk berdahak seringkali dianggap remeh, padahal batuk bisa menjadi tanda bahwa tubuh sedang mengalami gejala kesehatan serius. Batuk berdahak bisa mengganggu aktivitas, bahkan waktu istirahat Anda, maka itu harus diketahui cara mengatasinya.  7 Dampak Buruk Bagi Kesehatanmu Akibat Makan Goreng-Gorengan
batuk b erdahak/dedaunan.com
Tahukah Anda bahwa tidak semua orang mampu mengeluarkan dahaknya, padahal dahak yang tidak keluar dapat mengganggu pernafasan, sakit tenggorokan, sulit menelan, bahkan bisa juga membuat seseorang merasa pusing. Meski saat ini sudah banyak obat batuk yang membantu mengencerkan dahak, namun alangkah baiknya jika kita memilih cara alami yang aman untuk mengatasi batuk berdahak. Jika Anda termasuk orang yang selalu kesulitan mengeluarkan dahak saat batuk, sebaiknya simak 7 Cara Alami Bantu Keluarkan Dahak Membandel, berikut ini : Mengerikan! Ini 5 Risiko Akibat Kolesterol Tinggi

1.    Jahe dan madu

Minum air rebusan jahe hangat dan madu tidak hanya melegakan tenggorokan, tapi membantu mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan. Minumlah ramuan ini secara rutin dua kali sehari untuk hasil yang maksimal.

2.    Kunyit

Tak hanya jahe, ternyata kunyit juga membantu mengeluarkan dahak dengan cepat.  Kunyit memiliki sifat anti bakteri dan kuman sehingga bermanfaat menyembuhkan batuk berdahak. Caranya cukup dengan memarut kunyit, kemudian ambil airnya dan seduh dengan air hangat. Jika suka, Anda bisa menambahkan madu agar rasanya lebih enak.

3.    Makan bawang putih mentah

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengeluarkan dahak membandel adalah dnegan mengunyah bawang putih mentah. Sifat anti bakteri dan anti jamurnya ampuh melenyapkan bakteri penyebab batuk berdahak.

4.    Daun mint

Daun mint memiliki rasa yang khas sehingga ampuh membantu melegakan tenggorokan dari dahak yang membandel. Caranya : cukup cuci bersih daun mint, remas-remas dan seduh dengan air hangat, kemudian minum secara rutin.

5.    Jeruk nipis dan madu

Kombinasi dua bahan almai ini juga membantu mengencerkan dahak sehingga mudah dikeluarkan. Caranya : peras jeruk nipis, kemudian campurkan madu secukupnya dan minumlah dua kali sehari agar batuk cepat sembuh.

6.    Kencur

Kencur memiliki aroma yang segar, namun rasanya lumayan kurang enak, yakni : getir dan pedas. Meski begitu, minum air perasan kencur atau mengunyah kencur memiliki khasiat yang luar biasa untuk mengatasi iritasi tenggorokan dan mengencerkan dahak yang membandel. Caranya cukup kupas kulit kencur, lalu parut dan peras airnya. Tambahkan sedikit garam, lalu minum secara rutin.

7.    Lada dan madu

Lada tidak hanya bermanfaat sebagai bumbu yang melezatkan masakan, tapi rempah yang satu ini juga membantu mengencerkan dahak. Caranya : Campurkan lada bubuk bersama air hangat dan madu secukupnya, lalu minum secara rutin untuk hasil maksimal.
Selain melakukan satu diantara cara diatas, pastinya Anda melakukan beberapa kebiasaan sehat lainnya agar batuk segera mereda, diantaranya : minum air hangat, hindari makan gorengan, kumur dengan air garam, dan masih banyak yang lainnya. Semoga informasi yang berjudul 7 Cara Alami Bantu Keluarkan Dahak Membandel diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.

Tags : cara mengobati batuk berdahak pada anak, obat batuk berdahak paling ampuh, obat alami batuk berdahak berkepanjangan, obat batuk berdahak tradisional untuk dewasa, batuk berdahak tak kunjung sembuh, obat batuk berdahak dan gatal, obat batuk berdahak untuk anak, cara mengobati batuk berdahak dan pilek

Loading...

Baca Juga

7 Cara Alami Bantu Keluarkan Dahak Membandel
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar