Friday, November 3, 2017

Kuku Jempol Kaki Bau Menyengat? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

IntipsLagi - Pernah mencium bau tidak sedap ketika memotong kuku jempol kaki? Meski letaknya tersembunyi, namun jempol kaki harus mendapatkan perhatian khusus agar senantiasa terjaga kesehatannya. Seperti kita tahu, ada banyak sekali masalah yang bisa menimpa sela-sela kuku jempol kaki, diantaranya : bau tak sedap hingga infeksi (cantengan).  Sayangnya tak banyak orang peduli pada kondisi jempol kakinya sehingga tanpa disadari kondisi ini dapat memicu bau kaki yang menyengat. 7 Cara Alami Bantu Keluarkan Dahak Membandel
kuku jempol kaki bau/menghilangkanbaukaki.com

Penyebab Kuku Jempol Kaki Bau Menyengat

Kuku jempol kaki, terutama bagian pinggir umumnya memang mengeluarkan kotoran dan bau tak sedap. Hal ini  disebabkan karena reaksi biologis dari kuku jempol kaki yang mengeluarkan keringat dengan Ph yang sangat asam melalui proses kimiawi.  Keringat bercampur debu dan kotoran ini akan menumpuk dan mengendap di pinggiran kuku jempol kaki inilah yang kemudian memicu pembusukan bakteri sehingga menimbulkan bau tak sedap. Bau tak sedap pada kuku jempol kaki akan semakin parah, ketika kaki dalam kondisi lembab akibat tidak mengganti kaus kaki kotor, sepatu kesempitan, atau yang lainnya.  7 Dampak Buruk Bagi Kesehatanmu Akibat Makan Goreng-Gorengan

Cara Mengatasi Kuku Jempol Kaki bau tak sedap

Pasti Anda tidak mau mengalami bau menyengat pada kuku jempol kaki, bukan? Tenang saja, karena dengan beberapa cara sederhana, masalah bau pada kuku jempol kaki bisa diatasi. Ingin tahu caranya, simak cara sederhana mengatasi bau kuku jempol kaki, berikut ini :

Jaga kebersihan kaki

Menjaga kebersihan kaki bisa dilakukan dengan cara mencuci bersih sebelum atau setelah memakai sepatu. Bersihkan dengan sikat lembut sela-sela kuku agar tidak ada kotoran yang mengendap disana.

Gunakan sabun anti bakteri

Posisi kaki yang dibawah sangat rentan terpapar berbagai bakteri, sehingga kalau kita tidak menjaga kebersihannya bisa menyebabkan bau tak sedap di sela-sela kuku jempol kaki. Tidak cukup dengan sabun biasa, tapi gunakan sabun atau cairan anti bakteri untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Potong kuku secara berkala

Cara kedua untuk mencegah kuku jempol kaki bau adalah dengan rajin memotong kuku, setidaknya seminggu sekali. Semakin pendek kuku, maka semakin kecil kemungkinan kotoran dan bakteri akan menempel di sela-sela kuku jempol kaki Anda.

Rendam kaki dalam air garam

Merendam kaki dengan larutan garam dapat mengusir bakteri penyebab bau kaki. Setelah ini, Anda bisa menggosok lembut sela-sela kuku atau jari agar terbebas dari kotoran.

Biarkan kaki bernafas

Kaki dalam kondisi tertutup terus menerus selama seharian dapat memicu lembab dan kuku kaki jadi bau tak sedap. Maka itu, jangan lupa istirahatkan kaki dari aktivitas yang membuatnya tertutup, seperti : menggunakan kaus kaki atau sepatu sepanjang hari.

Oleskan krim anti jamur

Penggunaan krim anti jamur bisa membantu menangkal tumbuhnya jamur pada kaki yang menjadi penyebab kaki bau. Sebelum tidur, Anda bisa mengoleskan salep anti jamur secara merata pada sela-sela kuku dan jari.
Semoga informasi yang berjudul Kuku Jempol Kaki Bau Menyengat? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Tags : cara menghilangkan bau busuk pada jempol kaki, cara membersihkan kotoran di kuku jempol kaki, menghilangkan kotoran pada sela kuku, obat penghilang bau kuku kaki busuk, cara menghilangkan kotoran pada pinggir kuku kaki, cara membersihkan kuku bagian dalam, cara mengobati kuku jempol kaki yang rusak dan bau, cara merawat kuku kaki yang busuk


Loading...

Baca Juga

Kuku Jempol Kaki Bau Menyengat? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar