Friday, January 5, 2018

Rutin Minum Kunyit Asem, Ini 9 Manfaat Sehat yang Anda Dapatkan

IntipsLagi - Anda suka minum jamu yang biasa dijual “Embok jamu gendong”atau penjual jamu lainnya? Jika ya, pastilah Anda tidak asing lagi dengan jamu yang bernama Kunyit Asem. Minuman sehat yang dibuat dari perpaduan sari kunyit dan asam jawa ini memiliki rasa yang sangat enak dan segar. Tidak hanya itu saja, karena ternyata rutin meminum jamu kunyit asem bisa mendatangkan manfaat sehat yang luar biasa untuk tubuh. Tak heran jika jamu kunyit asem sangat direkomendasikan oleh para orang tua sejak jaman dahuhu hingga sekarang ini. Wajah Belang Setelah Liburan di Pantai? Ini 6 Cara Mengatasinya
jamu kunyit asam/http://acaraki.gitugini.com

Kandungan nutrisi dalam jamu Kunyit asem

Kita semua tahu bahwa kunyit dan asem merupakan salah satu tanaman obat yang sangat berkhasiat sehingga ketika dikombinasikan akan menghasilkan minuman kesehatan yang bermanfaat untuk kesehatan. Diantara kandungan nutrisi yang terdapat dalam jamu kunyit asem, antara lain : Vitamin A, Vitamin B6, Vitamin B12, Vitamin C, Vitamin D, Calsium, magnesium, potasium, serat, calsium, iron dan masih banyak yang lainnya. Selain itu, dalam kunyit juga terdapat zat yang bernama kurkumin yang berfungsi sebagai anti bakteri, anti radang dan antioksidan yang bermanfaat untuk tubuh. Sering Mengalami Nyeri Punggung dan Bahu? Ini 8 Penyebab yang Wajib diwaspadai 

9 Manfaat Sehat Jamu Kunyit Asam yang segar

Dari banyaknya zat gizi yang terdapat dalam jamu kunyit asam, kita bisa mendapatkan manfaat sehat yang luar biasa jika mau rutin mengonsumsinya setiap hari. Apa sajakah manfaat sehat yang bisa kita dapatkan? Agar lebih jelasnya, simak aja yuk…

1.    Membantu mengeluarkan racun tubuh (detoksifikasi)

Manfaat utama yang bisa kita dapatkan apabila rutin minum jamu kunyit asam adalah tubuh lebih sehat karena kandungan dalam kunyit asam membantu proses detoksifikasi menjadi lancar. Akibatnya, racun dan zat-zat yang mengendap dalam tubuh akan menghilang.

2.    Menjaga berat badan yang ideal

Jamu kunyit asam bermanfaat menekan nafsu makan sehingga sangat membantu Anda dalam mengontrol berat badan agar tetap ideal. Rutin minum jamu kunyit asam akan membuat Anda terhindar dari makan berlebihan yang sebabkan kegemukan.

3.    Membantu melawan infeksi

Kunyit mengandung anti bakteri yang bermanfaat membunuh bakteri penyebab berbagai infeksi yang menyerang tubuh, misalnya : batuk/flu, infeksi kulit, infeksi tenggorokan, infeksi luka, dan lainnya.

4.    Melancarkan siklus haid

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari rutin minum kunyit asam ini bisa dirasakan oleh para wanita, yakni : melancarkan sikluk haid setiap bulannya serta mengatasi berbagai masalah yang menyertainya.

5.    Menyembuhkan rasa pegal-pegal di tubuh

Kunyit asam memiliki sifat anti bakteri dan juga anti inflamasi yang apabila dikonsumsi secara rutin dapat menjaga kebugaran tubuh dan menghilangkan rasa pegal di badan.

6.    Membakar lemak tubuh

Tidak hanya menekan nafsu makan, ternyata kandungan kurkumin dalam kunyit juga dapat memaksimalkan proses pembakaran lemak tubuh sehingga impian untuk menjadi langsing akan menjadi kenyataan.

7.    Mencerahkan kulit dan membuatnya terlihat kencang

Kunyit asam membantu proses detoksifikasi yang berimbas juga pada kecantikan kulit, diantaranya : kulit jadi lebih bersih dan cerah. Selain itu, kandungan antioksidannya juga ampuh menangkal radikal bebas penyebab penuaan dini.

8.    Hilangkan bau badan

Tidak hanya memiliki rasa segar dan enak, ternyata rutin minum jamu kunyit asam dapat membantu lenyapkan bau badan yang mengganggu. Jadi, And atidka perlu lagi beli deodorant atau bedak hanya demi mengusir bau badan, karena jamu kunyit asam dapat menyembuhkan masalah bau badan dari dalam.

9.    Mengatasi luka pada lambung

Kandungan kurkumin, minyak atsiri, serta vitamin yang terdapat dalam jamu kunyit asam tidak hanya melangsingkan tubuh tapi juga membantu mengobati luka pada lambung.

Cara Membuat Jamu kunyit asam sendiri di rumah

Membuat jamu kunyit asam sangatlah mudah, sehingga Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Ingin tahu cara membuatnya, simak aja yuk…

Bahan yang dibutuhkan:

½ kg Kunyit segar
¼ kg Gula jawa atau gula merah aren
½ ons Asam jawa
2 ltr Air
Garam, secukupnya

Cara membuat:

•    Kupas dan bersihkan kunyit dengan air bersih
•    Parut atau blender kunyit, peras dan ambil sarinya
•    Rebus air perasan kunyit dengan 2 liter air, gula jawa, garam, dan asam lalu aduk-aduk hingga mendidih.
•    Diamkan jamu hingga dingin
•    Jamu kunyit asam siap disajikan dengan tambahan es agar lebih segar
Menakjubkan banget khan manfaat jamu kunyit asam. Dibandingkan Anda harus mengonsumsi obat-obatan yang mengandung zat kimia, minum jamu tentu jauh lebih baik dan menyehatkan tubuh. Semoga informasi yang berjudul Rutin Minum Kunyit Asem, Ini 9 Manfaat Sehat yang Anda Dapatkan diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.


Tags : efek minum jamu kunyit asam setiap hari, manfaat jamu kunyit asam sirih, aturan minum jamu kunyit asam, manfaat kunyit asam untuk rahim, manfaat minum jamu kunyit tiap hari, manfaat jamu beras kencur, manfaat kunyit asam untuk diet, manfaat jamu kunyit untuk kecantikan


Loading...

Baca Juga

Rutin Minum Kunyit Asem, Ini 9 Manfaat Sehat yang Anda Dapatkan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar