Monday, May 9, 2016

Hindari Tujuh Makanan Penyebab Penyakit Batu Ginjal

IntipsLagi - Memilih makanan yang sehat bernutrisi sangatlah penting untuk kesehatan organ tubuh, salah satunya : organ ginjal. Ginjal termasuk organ yang sangat penting bagi tubuh karena memiliki tugas yang sangat banyak, salah satunya menyaring darah. Jika ginjal mengalami masalah, maka secara otomatis tubuh akan mengalami gangguan kesehatan. Salah satu gangguan ginjal yang patut diwaspadai adalah penyakit batu ginjal. Penyakit batu ginjal membuat seseorang mengalami gejala yang menyakitkan, yakni : sakit atau perih saat buang air kencing. Hal itu karena adanya tumpukan atau endapan kotoran dalam ginjal yang berasal dari sisa-sisa zat limbah dalam darah.



Mungkin tak banyak yang tahu jika makanan merupakan salah satu pemicu penyakit batu ginjal. Oleh karena itu, selain menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat, kita juga wajib menghindari makanan yang menyebabkan terbentuknya batu ginjal. Hem, agar Anda terhindar dari penyakit batu ginjal, sebaiknya hindari beberapa makanan pemicu batu ginjal berikut ini :

Kurangi makanan kaya oksalat

Oksalat termasuk zat yang dapat memicu terbentuknya batu ginjal. Oksalat biasa terdapat dalam beberapa sayuran hijau gelap, misalnya : bayam yang dimasak, kacang, cokelat, teh, merica.

Daging

Daging juga termasuk makanan yang harus dibatasi, karena sebabkan batu ginjal. Kandungan protein dalam daging dapat membuat ginjal bekerja ekstra keras, karena limbah protein sulit dibuang tubuh. Selain itu, dalam daging juga mengandung asam urat yang memicu terbentuknya batu ginjal.

Susu dan produk olahannya

Susu sangat kaya kalsium yang dapat meningkatkan ekskresi pada urin sehingga sulit dikeluarkan limbahnya urine.

Kafein

Minuman berkafein juga termasuk salah satu pemicu batu ginjal, karena dalam kafein terdapat kadar kalsium tinggi sehingga hanya memperberat ginjal jika dikonsumsi berlebihan.

Sarden

Sarden juga termasuk makanan yang harus dibatasi jika tidak ingin terkena penyakit batu ginjal. Hal ini karena kandungan zat purin yang tinggi dalam daging, sehingga dapat memperberat kinerja ginjal.

Makanan berpemanis buatan

Makanan mengandung pemanis buatan juga bisa menjadi faktor terbentuknya batu ginjal apabila dikonsumsi secara berlebihan. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan jika makanan berpemanis non kalori dapat merusak fungsi ginjal.

Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi tidak hanya sebabkan menumpuknya batu ginjal, tapi juga meningkatkan risiko kerusakan organ ginjal. Minuman bersoda bisa ditemukan pada minuman soda, minuman berenergi dan jus kemasan.
Setelah memahami beberapa makanan pemicu penyakit batu ginjal diatas, pastinya kita lebih berhati-hati lagi. Jangan sampai hanya karena enak, lantas kita merelakan kesehatan kita terganggu. Semoga bermanfaat yaa!



Loading...

Baca Juga

Hindari Tujuh Makanan Penyebab Penyakit Batu Ginjal
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar