Friday, February 3, 2017

Sering Menahan BAB? Ini Bahaya yang Wajib Kamu Tahu

Pernahkah Anda menahan BAB? Buang air besar (BAB) harus dilakukan secara rutin agar metabolism tubuh bisa berjalan lancar dan tubuh sehat. Namun sayangnya, karena beberapa alasan, seseorang justru sering menahan BAB. Padahal terlalu sering menahan BAB dapat menimbulkan dampak buruk pada kesehatan tubuh. Sebenarnya, frekuensi BAB antara satu orang dnegan lainnya tidaklah sama, ada yang sehari sekali, ada yang sampai 3 kali bahkan ada juga yang sampai 4 kali seehari. Nah, agar Anda tak lagi malas untuk BAB, sebaiknya mulai pahami bahaya sering menahan BAB untuk kesehatan.
Awas! Kurang tidur bisa Timbulkan 6 efek Buruk Untuk Kecantikanmu
sumber gambar : improvehealth.ru

Penyebab seseorang menahan BAB

Ada banyak sekali alasan hingga seseorang rela menahan BAB hingga berhari-hari lamanya, diantaranya :
•    Malas
•    Sembelit
•    Terlalu asik beraktivitas
•    Kesibukan
•    Takut mengejan
•    Phobia toilet

Bahaya Menahan BAB terlalu sering

Terlalu sering menahan BAB bisa menimbulkan dampak buruk pada kesehatan, bahkan bisa juga berujung pada kematian. Nah, agar lebih jelasnya, simak bahayanya berikut ini :
Ingin lemak tubuh meleleh? Rutin Minum ramuan Ajaib Ini!

Kanker usus

Menahan BAB terlalu sering dapat memicu kontraksi usus yang menyebabkan otot membengkak. Jika tidak ditangani, hal ini dapat sebabkan infeksi hingga peradangan bahkan sel kanker usus juga lebih mudah berkembang akibat kondisi tersebut.
Rendam Kaki dalam Larutan Cuka Apel, Ini 7 Manfaat Sehat yang Kau Dapatkan

Perdarahan

Menahan BAB terlalu sering dapat sebabkan tinja semakin mengeras dan justru sakit jika dikeluarkan atau bahkan bisa sebabkan perdarahan pada anus.

Perut terasa tidak nyaman

Menunda BAB sama saja menunda membuang sampah tak berguna dalam tubuh. Akibatnya, perut menjadi tidak nyaman/begah, bahkan bisa juga sebabkan bau badan atau bau mulut tidak sedap.
Sebal dengan Bibir Hitam? Atasi dengan Lima Bahan Alami Ini

Badan terasa pegal

Ketika sampah dari tubuh tidak dikeluarkan, maka akan menumpuk dan menjadi tempat yang nyaman bagi perkembangan racun dan bakteri yang sebabkan berbagai gangguan kesehatan, salah satunya : badan nyeri/pegal-pegal dan tidak nyaman.

Sebabkan kematian

Akibat menahan BAB terlalu lama, maka berisiko sebabkan usus mengalami pembesaran yang jika dibiarkan dapat menekan organ lain dalam tubuhnya.

Cara alami Agar BAB bisa lancar

Jika Anda sering mengalami sulit BAB hingga menyebabkan kesakitan hingga trauma ketika hendak BAB, maka atasi dengan beberapa cara alami untuk lancarkan BAB, yakni : cukupi kebutuhan cairan, olahraga rutin, hindari makanan yang berisiko sebabkan  susah BAB (cabai, makanan berlemak, makanan berminyak, dan lainnya), konsumsi makanan pelancar BAB (jagung manis, pisang, pepaya, dan lainnya), hindari kebiasaan buruk menahan BAB.
Setelah mengethaui bahaya menahan BAB terllau sering diatas, pastinya kita akan berusaha menghindarinya, bukan? Segera waspadai jika mengalami beberapa gejala yang memicu sulit BAB, seperti : ada darah pada tinja, berat badan turun, demam dan lainnya. Semoga bermanfaat yaa!

Sumber artikel : womenshealth, pengalaman pribadi,

Loading...

Baca Juga

Sering Menahan BAB? Ini Bahaya yang Wajib Kamu Tahu
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar