Wednesday, May 10, 2017

Ini Alasan Kenapa Mata Kita Belekan Saat Bangun Tidur

Intipslagi - Apakah Anda seringkali merasa risih akibat kotoran mata yang tebal saat bangun tidur? Disadari atau tidak, hampir setiap bangun tidur pasti akan muncul kotoran di sudut mata. Meski tidak bau, namun kotoran mata atau yang disebut belek ini sangatlah menjijikkan karena teksturnya lengket dan berkerak, warnanya putih kekuningan, bahkan seringkali membuat mata susah terbuka. Kesan jorok akan tersemat dalam diri seseorang ketika mereka sengaja mengabaikan atau tidak segera membersihkan kotoran mata. Mungkin tidak semua orang tahu, apa sich penyebab munculnya kotoran mata? Agar tidak penasaran, simak fakta unik tentang kotoran mata dan bagaimana cara mencegah agar mata tidak mengeluarkan kotoran berlebihan. Capcus yuk.. Ternyata Ini 6 Penyebab Wajah Berminyak Saat Bangun Tidur

mata belekan/pikiranumat.com

Apa penyebab mata belekan saat bangun tidur

Kotoran mata atau belek dalam istilah medis disebut rheum yang merupakan campuran dari lendir, minyak dan Belek mata atau dalam istilah medis disebut rheum merupakan campuran dari air mata, lendir, minyak, sel-sel kulit mati, dan juga debu yang terakumulasi di bagian sudut mata ketika Anda tidur.  Lakukan 5 Perawatan Sederhana Ini Untuk Cegah Leher Menghitam dan Keriput

Bentuk kotoran mata sangat beragam

Kotoran mata atau belek memiliki berbagai bentuk yang berbeda, tergantung kondisi mata Anda, ada yang cair, lembek, berkerak, bahkan padat. Semakin kering permukaan mata Anda, maka belek atau kotoran mata yang dihasilkan akan semakin kering dan berpasir, sebaliknya jika sedikit lembab, maka tekstur kotoran mata akan sedikit lengket dan berlendir. Belek cair terbentuk dari air mata yang memiliki peranan penting untuk menjaga kesehatan mata. Telapak Kaki Terasa Panas? Atasi dengan Cara Sederhana Ini

Bagaimana belek bisa keluar

Belek muncul saat kita bangun tidur, karena saat tidur mata tidak berkedip sehingga proses pembersihan mata tidak berjalan dengan baik. Selain itu posisi terpejam juga memicu berkurangnya produksi air mata sehingga cairan mata jadi kering yang berakhibat kotoran mata tidak terbuang smepurna dan menumpuk di sudut mata.

Penyebab Mata Belekan lain yang perlu diwaspadai

Belekan bisa jadi merupakan sesuatu yang wajar terjadi bahkan tidak perlu dikhawatirkan, namun Anda tidak boleh meremehkan mata melekan yang parah karena bisa jadi merupakan gejala serius yang disebabkan oleh beberapa hal, yang diantaranya : infeksi bakteri, konjungtivitis, lensa kontak yang tidak steril, dan masalah serius lainnya.

Ciri-Ciri Mata belekan yang harus diwaspadai

Belekan memang proses yang normal, akan tetapi waspadai belekan yang memiliki beberapa ciri tertentu karena bisa jadi merupakan tanda gangguan serius pada mata. Apa sajakah tanda-tanda belekan yang harus diwaspadai? Diantaranya adalah : belek berwarna hijau keabuan dan kental, lendir kekuningan, belek tebal dna berpasir, berbusa kuning kehijauan, berair, berserabut dan lainnya.

Cara mengatasi mata belekan

Belekan dapat mengganggu penampilan jika tidak dibersihkan dengan sempurna, maka itu pastikan segera membersihkannya setelah bangun tidur. Adapun caranya adalah : rendam kasa dalam air hangat, lalu usapkan perlahan mata sudut mata.

Cara Mencegah agar mata tidak belekan parah

Belekan yang parah tentu sangat menjijikan banget, karena itu lakukan beberapa pencegahan yang diantaranya : selalu lindungi mata ketika berkendara, ganti lensa kontak, bersihkan sesuai petunjuk dokter, tetskan obat mata, atau bila perlu konsultasikan ke dokter spesialis mata.
Dengan mengetahui fakta unik seputar kotoran mata atau belekan diatas, pastinya Anda akan lebih mudah mengatasi masalah yang meski kecil ini tapi dapat mempermalukan Anda.

Tags : belekan menular, ciri ciri mata belekan, mata belekan tapi tidak merah, penyebab mata belekan saat bangun tidur, penyebab mata mengeluarkan kotoran terus menerus, penularan belekan, obat, mata belekan dewasa, obat belekan paling manjur

Loading...

Baca Juga

Ini Alasan Kenapa Mata Kita Belekan Saat Bangun Tidur
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar